Thursday, September 07, 2006

#295: Dari “Puisi Mbeling Remy Silado”

Buku kumpulan puisi mbeling dari Remy Sylado ini udah langsung bikin gw tertarik begitu pertama kali gw melihatnya dipajang di Gramed. Gimana ngga... Sampul bukunya begitu eye-catching. Tadinya pengen langsung gw beli. Tapi setelah ngeliat harganya, hehehe... tar dulu ah... pengen liat isinya dulu kayak gimana.
Eh, suatu waktu, di Gramed ada satu yang terbuka (thx banget buat yang udah ngebuka plastik pembungkusnya, hehehe). Gw baca sebentar. Oke juga. Bikin gw senyam senyum. Blak-blakan banget puisinya. Dari situ, niat gw pengen beli tu buku nambah lagi. Tapi masih kepentok harga. Tar aja beli di Palasari, pikir gw. Lumayan, bisa dapet potongan 20%-an.
Tapi waktu gw mengunjungi acara Wisata Buku Sabuga (tanggal gw ke sana keren: 05-05-05, alias 5 Mei 2005) dan di salah satu stand ada yang jual tu buku dengan diskon 45% (!), gw langsung beli tu buku (ga langsung deng, sepupu gw yang manas-manasin gw *big grin*). Gile.. kapan lagi ada kesempatan kayak gini kan? *wink wink*
Nah, sekarang gw pengen posting beberapa puisi Oom Remy (sok akrab lu, des! hahaha). Semoga bliau tidak keberatan.
Ok, guys... selamat membaca dan semoga terhibur, hehehe...

Menyingkat Kata
karena
kita orang Indonesia
suka
menyingkat kata wr. wb.
maka
rahmat dan berkah ilahi
pun
menjadi singkat
dan tidak utuh buat kita


Telor-Telor
dua telor
martabak spesial
tiga telor
martabak istimewa
empat telor
sepasang homoseks

--> ini mah IHG pisan ya, gank??

Sialan Banget
Sudah jatuh
dihimpit tangga
Hendak berdiri
digonggong anjing
Begitu lari terbirit
malah menginjak tahi.


Dua Daya
motivator
berbicara tentang
memberdayakan rakyat
koruptor
berbicara tentang
memperdayakan rakyat.


Nalam Tentang Tikus
Berfoya-foya dianggapnya harus
demikian gaya hidup bini pejabat
Sejak suami berhenti jadi tikus
ia tak punya kesempatan mengerat.


Predestinasi
aku telah berputar-putar mencari engkau dalam putaran-putaran waktu tapi astaga engkau ada bersama-sama dengan aku dalam putaran takdirmu dan takdirku

Teks Atas Descartes
Orang Perancis
berpikir
maka mereka ada
Orang Indonesia
tidak berpikir
namun terus ada.


Mental Spiritual Orang Indonesia
doa
kala sadar
dosa
kala lupa.

--> ada yang serasa ditampar ney... *celingak-celinguk* hehehe..

Manifestasi Gagasan
mau
soal keinginan
mampu
soal keterampilan.

--> mengena betul!

Sundanologi
orang Jawa Timur
adalah orang Jawa
orang Jawa Tengah
adalah orang Jawa
orang Jawa Barat
tak mau disebut Jawa
palaina naon atuh neng?
(Bandung 1973)

--> urang Sunda, Om Remy.... *grin*

Anno 1998
jarah
darah
merah
marah
(jakarta mei 1998)

--> sampe sekarang, suka merinding kalo inget taun 1998 *hiiiy*

Presiden
Presiden pertama
bermain mata dengan komunis
Presiden kedua
bermain mata dengan kapitalis
Presiden ketiga
bermain mata denga presiden kedua
Presiden keempat
tidak mungkin bermain mata
(2002)

--> komentar pertama gw saat baca puisi ini, cuma satu kata: "goblok!" hahahaha... hush!

No comments: