Sunday, August 26, 2007

#428: Palasari Kebakaran!

Pasar palasari kbakaran euy.. Parah pisann
Sender:
Mee
+6281xxxxxxxxx
Sent:
07:09:11
24-Aug-2007


One short message and I went: HAAAAA???

Tapi gua tanya: pasar bukunya apa pasar sayurnya? Dapet berita dari mana?
Dijawab: pasar bukunya, kebakaran dini hari tadi, berita di PJTV.

Dan yang pertama kebayang sama gua adalah kios langganan gua kalo gua beli buku: Ampera n BBC. Cuma berharap dua kios itu ga kena. Sampe sekarang emang gua belom liat langsung. Jadi merinding, nih… :-(

Kemudian gua inget temen STM gua yang punya kios di Palasari juga. Langsung gua SMS: Pay, palasari kahuruan cnah nya? Tk buku mnh kmh?
Dijawab: Kios urang kebakar semua.
Then I went speechless...

Kemaren itu, gua serasa butuh beberapa sumber untuk bener-bener ngeyakinin gua kalo Pasar Buku Palasari emang kebakaran. Si Aa tukang majalah di depan Superindo, gua tanya juga waktu gua beli IDEA titipan Mama D. Sebelumnya, Uwa juga nanya ke ibu tukang koran yang biasa keliling di kompleks rumah gua. Masih belum cukup, begitu nyampe kantor dan beres ngebungkusin kenang-kenangan buat ibu-balai yang lama, gua nyalain komputer n langsung googling, nyari berita itu. Ga dapet. Pulang kantor, gua tanya Uwa, ada beritanya ga di tivi? Ada, tapi udah kelewat.

Tapi emang bener: Palasari kebakaran.
Lagi. Yang gua tau, ini yang kedua kalinya. Tapi ternyata, setelah baca PR hari ini, yang memuat berita kebakaran Pasar Buku Palasari sebagai headline, dengan foto ngejeblag, kebakaran ini adalah yang ketiga kalinya.

Ada yang langsung narik mata gua waktu gua baca PR tadi. Satu gambar kecil tentang rencana dibangunnya Bandung Edutainment Square (BES). Entah kenapa, gua langsung kukulutus: another mall????? Plis deh!!! Gua duga BES itu bakal dibangun di area tempat Pasar Buku Palasari berada sekarang. Dan begitu gua baca headline, dugaan gua bener. Pengen marah rasanya! *geram*

Buat apa lagi sih, bikin-bikin mall di Bandung? Seabreg-abreg mall dibangun juga ga bikin Bandung tambah bagus. Malah tambah ruwet. Bikin macet. Lagian juga belom tentu jadi rame. Look at the pizet, for instance. Udah keliatan spooky kalo malem. Sepi. Rame kalo ada acara tertentu aja.

Emang sih, dari headline yang gua baca, rencana pembangunan BES ini udah dari taun 1993. The year when Pasar Buku Palasari got burnt for the first time. (Looks suspicious? Well. Mari jangan berburuk sangka. Tapi emang waktu itu, pasar buku dua lantai itu ludes kebakar.) Tapi ternyata para pedagang ga mau dipindah karena ganti ruginya ga ’sesuai’. So, sampe sekarang belum ada titik temu antara para pedagang dengan pihak pengembang, meski pertemuan dan pembicaraan udah dilakukan berkali-kali.

Hhh...
Padahal baru aja kemaren gua chat sama temen STM gua. Tentang Palasari ini, di antaranya. Dan dia nanya: kebakar atau dibakar? Yang gua jawab dengan: jangan buruk sangka dulu. Tapi setelah baca beritanya...
Ah. Semoga ga begitu.

Kembali ke rencana BES itu. Taun 2007 ini rencana itu mencuat lagi. Pengembang udah ngantongin segala perizinan yang diperlukan. Tapi katanya pembebasan lahan belum selesai. Masih ada beberapa meter persegi yang punya warga. Di samping itu, para pedagang juga ga setuju dengan rencana lokasi penempatan mereka di BES itu: di basement.
Gua emang belom tau konsep BES ini tu apa. Kata ’edutainment’-nya itu yang menggelitik. Apa emang bener asli education-entertainment? Jangan-jangan sama-sama aja sama mall yang lain. Apa bedanya? Dan apakah emang bakal bikin pengunjungnya teredukasi dan terhibur?
Mmm... gua pribadi kok berharap semoga BES ini ga jadi dibangun... Karena kalo jadi dibangun, Bandung akan kehilangan satu icon-nya lagi... *menerawang*

Dan ga bakalan ada lagi suasana hiruk pikuk khas di awal taun ajaran baru.
Dan ga bakalan ada lagi buku murah...
Kegembiraan, keasikan yang timbul saat hunting buku yang diincer, rasa yang hanya bisa didapat waktu kita ada di Palasari. The atmosphere is just different, guys... Can you feel it?

*sigh*
Kenapa gua jadi emosional gini ya?
Apa karena gua punya memori tersendiri dengan Pasar Palasari ini? Baik pasar bukunya maupun pasar tradisionalnya?



Yes, I do.
Sejauh yang masih bisa gua inget, Palasari adalah bagian menyenangkan dari memori gua.
Pasar Palasari adalah pasar terdekat dari rumah gua. TK gua dulu juga terbilang deket sama Palasari. Hampir tiap hari, sepulang sekolah, gua ikut Uwa belanja ke situ. Yang gua inget, Uwa selalu beli kue-kue kering --buat bekel gua ke sekolah--di situ. Beli sayur, daging, sembako juga di situ. Dan di situ ada nasi kuning yang enak banget. Ga tau sekarang masih ada apa ga. Kata Uwa sih, masih ada.
Dan kalo beli buku pelajaran, di situ juga (selain di TB Singgalang, Jl. Karapitan).
Meski tujuh taun gua sempet tinggal di sekitaran Jakarta, begitu gua balik lagi ke Bandung untuk kerja, hawa yang ada di Palasari masih berasa sama. Bedanya cuma: kios bukunya tambah banyak.

Hhh...
Mungkin ga sih, bikin petisi atau apapun yang minta supaya Pasar Buku Palasari tetap di situ?
Perbaiki aja kios-kiosnya. Tata ulang.
Tapi itu juga bisa ngurangin keasikannya...
Dan jangan bangun BES itu! Bisa ga sih?
Uh. Gua ga bisa objektif...

Andai gua ini orang yang super-duper-kaya-raya-uang-ga-pernah-jadi-masalah-buat-gua-saking-banyaknya, gua beli itu lahan Pasar Palasari. Biar pedagang-pedagang di sana bisa anteng tetep jualan. Gua kasi duit secukupnya buat mereka, biar mereka bisa ngerenovasi kios atau lapaknya, atau buat jadi tambahan modal.
Sayangnya gua belom sekaya itu...

Semoga pedagang-pedagang yang kios bukunya abis kebakar, sabar n tabah n ga patah semangat. Semoga Tuhan mengganti apa yang hilang dengan yang jauh lebih baik. Amin.

Save Pasar Palasari!

Emotionally written in Kamar Bowtak, Sat, 25-Aug-2007, 11:28 AM

No comments: