Tuesday, September 16, 2014

#675: 23/365 My Bromo Marathon's Half Marathon Playlist: The Stories

You know, every little tiny thing has a story. Apalagi buat gua. Demikian juga dengan playlist yang gua susun buat nemenin gua lari (dan jalan) melewati rute Bromo Half Marathon. Menyusun playlist untuk nemenin gua lari sebenernya bukan ritual wajib gua, sih. Tapi berhubung BMHM (Bromo Marathon's Half Marathon) kemaren itu adalah kenaikan kelas gua ke HM, gua niat-niatin nyusun playlist untuk sekitar 2,5 jam sampe 3 jam *anjis pede abis gua, ya, bisa finish dalam waktu 3 jam? hahahaha.

Gua awalnya rada bingung juga, mau masukin lagu apa aja di playlist BMHM. Sedikit bosen juga, sebenernya, dengan lagu-lagu yang ada di Gipsy. Dan udah sering juga disetel kalo pas latian. Tapi kan, gua mah bisaan gitu, ya, nyari-nyari cara biar ga bosen :D. Yaaa... tambahin aja beberapa lagu baru, ahaha. Lagu baru yang ga baru-baru juga. Yang penting, baru ada di Gipsy :P.

Lalu, seberapa banyak lagu yang mau gua masukin di playlist BMHM? Kalo satu lagu sekitar tiga menitan, gua butuh 50 lagu, lah. Akhirnya malah kepilih 51 lagu. Karena gua merasa kalo lagu di urutan terakhir playlist ini harus masuk juga. Kenapa? Baca terus sampe kelar, ya! *hayah* :))

Anyway, dari 51 lagu ini, ga semuanya gua inget gua denger pas jalanin BMHM. Mungkin pas gua sibuk stretching-in Sinan/Siri yang lagi kram. Atau mungkin pas gua lagi dibantu tim medis atau siapa pun pas Sinan/Siri kram. Atau mungkin pas gua lagi motoin orang yang minta tolong gua untuk moto dia. Atau mungkin pas gua lagi dipoto. Atau mungkin pas gua lagi menyapa pelari-pelari lain di rute BMHM *gua kadang emang SKSD, hihi. Atau mungkin pas gua lagi ngos-ngosan nanjak. Atau mungkin pas gua lagi ngos-ngosan dan kena debu. Atau mungkin pas Gipsy ujug-ujug brenti muterin lagu *yes she does it a lot during the race *rolling eyes.

1. "Counting Stars" - One Republic
Ini salah satu lagu baru yang ada di Gipsy. Jadi langsung gua masukin ke playlist BMHM. Lagunya enakeun untuk dipake lari, gua pikir. Dan pas BMHM, gua ke-boost pas lagu ini terdengar. Seinget gua, lagu ini keputer setelah gua kena kram. Jadinya, pas lirik "everything that kills me makes me feel alive", gua *smirk* gitu. The cramps killed me there, really. But I didn't die. I survived and finished the race instead! Ha ha.

2. "Dare You" - Hardwell feat. Matthew Koma
Gua lagi suka banget sama lagu ini. Pertama denger lagu ini di Kick Andy yang episode tentang lari, gitu deh. Pas banget ada liriknya yang kayak gini: "I dare you to run, I dare you try". Lagu ini keputer pas udah deket-deket finish. Baru-baru masuk Wonokitri, kalo ga salah. Refrain lagu ini bikin perasaan campur aduk. "I dare you to love" ...ya, gua cinta race ini. Gua yang milih untuk ikutan half marathon. Meski ga nyangka rutenya gitu banget seremnya. "I dare you to cry" ...emang pengen nangis pas lirik ini, haha. "I dare you to run" ...gua nyoba lari, tapi kram lagi. Kesel! "I dare you to try" ...nyoba lari lagi, kram lagi! Sebel! "I dare you to fall" ...keinget pas akhirnya nyerah ke medik di KM 13-14an. "and lay on the ground" ...kram terparah sepanjang lomba, ya di KM 13-14an itu. Nyerah untuk ditangani tim medis. Disuruh rebahan. Sinan&Siri di-stretch, dioles counterpain sambil dipijet, dikasi pain killer spray. Udah pengen nangis saking sakitnya. "I dare you to feel" ...I did feel the pain. It killed me! "I dare you to be here now" ...lalu kembali ke Wonokitri. Be here now. Dengan kram yang menyerang menjelang finish.

3. "Rude" - MAGIC!
Naaah kalo ini mah, gua masukin karena menjelang keberangkatan ke Bromo, lagu ini sering banget diputer di radio. Catchy juga, gua pikir. Donlot, deh. Dan masuk ke playlist, hihihi. Gua ga inget gua denger lagu ini kesetel pas BMHM. Mungkin pas gua lagi sibuk stretching-in Sinan/Siri yang kram :D.

4. "Chandelier" - Sia
Ini kasusnya sama kayak "Rude". Masuk ke playlist di saat-saat akhir. Lumayan catchy dengan "1 2 3, 1 2 3 drink"-nya, haha. Dan memang itu yang gua inget pas BMHM. Selebihnya ga inget.

5. "Clarity" - Zedd feat. Foxes
Lagu ini, booster gua pas lari. Apalagi kalo udah lewat 10K. Langsung senyum begitu lagu ini keputer :). Pas BMHM kemaren, gua ga inget lagu ini keputer apa ngga. Mungkin keputernya pas udah finish. Pas udah di homestay. Lupa-lupa inget.

6. "Titanium" - David Guetta feat. Sia
Lagu ini gua masukin ke playlist karena liriknya ada yang gini: "you shoot me down, but I'm above. I am titanium.". Gua pikir, bakalan jadi mood booster kalo pas capek. Tapi gua lupa-lupa inget apa gua denger lagu ini pas jalanin rute BMHM :D.

7. "I Love It" - Icona Pop
Ini juga booster gua pas lari. Pertama denger pas ikutan Samsung Run Seri 3 di taun 2013. Waktu itu, dari tribun Stadion Soemantri, ada anak kecil ujug-ujug berdiri, sing along (baca: tereak :D) lagu ini pas di lirik "I don't care! I love it!", hahaha... Pas BMHM, sih... lupa-lupa inget juga XD.

8. "Stay The Night" - Zedd feat. Hayley Williams
Lagu ini masuk playlist karena sepaket sama nomor 5, 6 dan 7, hahaha... Tapi teuteup ...lupa-lupa inget pas BMHM.

9. "Bumblebee" - Kasabian
Lagu-lagu di album terbaru Kasabian ini harus ada yang masuk ke playlist BMHM gua. Dan Bumblebee adalah pilihan pertama. Gua rasanya inget denger lagu ini pas BMHM. Entah di kilometer berapa. "I'm in ecstasy"-nya bikin gua senyum dan semangat lagi.

10. "Stevie" - Kasabian
Musiknya enakeun, jadi gua masukin ke playlist BMHM. Ini juga keputer, entah di kilometer berapa.

11. "Eez-Eh" - Kasabian
Gua inget gua denger lagu ini pas BMHM. Eez-eh. Dan gua akhirnya take the race easy. Ga ngoyo. Lagian, apa yang gua kejar selain ngalahin diri sendiri? Hazek :)).

12. "Treat" - Kasabian
Gua inget banget sing along lagu ini pas BMHM! "Everybody knows I work it, work it like a treat, I said now." Hahaha. Entah lah ya, pas kilometer berapa, pas di medan kayak gimana, pas pemandangan kayak gimana.

13. "Explodes" - Kasabian
Ini juga. Gua inget gua sing along dikit-dikit lagu ini *karena gua ga apal liriknya. I thought I was gonna explode because of the cramps! :P

14. "Re-wired" - Kasabian
Harusnya sih, gua inget lagu ini keputer pas BMHM, ya. Tapi... lupa-lupa inget :D.

15. "Ink" - Coldplay
Tadinya ga akan masukin lagu-lagu dari album terbaru Coldplay *kecuali Sky Full Of Stars, sih. Abisan lagu-lagunya lagu sedih gitu. Bikin gua inget Abang aja, hahaha. Tapi, entah napa, lagu ini gua masukin juga ke playlist. Yasud lah ya, naek-naek gunung itu emang selalu bikin gua inget Abang, kok :P. Anyway, pas BMHM... lupa-lupa inget denger lagu ini :D.

16. "A Sky Full Of Stars" - Coldplay
Nah kalo ini mah wajib masuk playlist! Ga cuma buat pas larinya, tapi juga pas ngeliat taburan bintang-bintang di langit malam, tengah malam, pagi buta dan subuh-subuh di Wonokitri dan dalam perjalanan ke Pananjakan. A sky full of stars, indeed! And I loved it. Really, really, really, really, really loved it! Tapi pas larinya mah... lupa-lupa inget juga! Hahaha.

17. "Ghost Story" - Coldplay
Ini inget ga, yaaa...? :))

18. "Viva La Vida" - Coldplay
Kalo ini rasanya gua inget. Pas lirik "I used to rule the world", gua merasa ngenes. Dulu, gua kuat hiking-hiking gini... *sigh

19. "Speed Of Sound" - Coldplay
Rasanya inget :D. Tapi apa ya, ceritanya? Hm.

20. "Hairdresser On Fire" - Morrissey
Entah napa, gua males masukin lagu-lagunya Morrissey ke playlist BMHM. Tapi gua tetep masukin lagu ini. Ga inget juga, apa lagu ini keputer pas larinya, wkwkwkkk...

21. "Still Ill" - The Smiths
Ng. Lupa juga :)).

22. "Such Great Heights" - Postal Service
Waktu lagi milih-milih lagu untuk playlist BMHM, lagu ini kayaknya cocok buat masuk playlist. Bromo is at such great heights, toh? :D Dan pas larinya, rasanya gua inget denger lagu ini. Tapi momennya ga pas. Karena gua lagi ngos-ngosan berat. Yang gua inget cuma: ah, keputer juga ini lagu! Dan pas lagi ngaso, sambil liat ke pemandangan di ketinggian dan kejauhan sana, gua nyanyi pelan, "everything looks perfect from far away."

23. "Mr. Brightside" - The Killers
Gua inget lagu ini keputer pas BMHM. Tapi gua lagi ngos-ngosan juga.

24. "For Reasons Unknown" - The Killers
Inget, ga? Inget, ternyata. Inget kalo gua sing along, "I know if destiny's kind, I've got the rest on my mind." :D

25. "Spaceman" - The Killers
Ingeeeeet! Sing along pas lirik "they say the Nile used to run from east to west" :)).

26. "Whoo! Alright-Yeah...Uh Huh" - The Rapture
Inget juga! Mungkin sambil ngos-ngosan. Karena yang gua inget, gua cuma "what?", "that's right!", "okay!" :D.

27. "Let It Go" - Idina Menzel
Inget juga! Ini keputer setelah kena kram. Dan lagi ngos-ngosan. And I went "let it go, let it gooooo..." X)).

28. "Young Folks" - The Kooks
Inget!

29. "You Are A Tourist" - Death Cab For Cutie
Inget!

30. "Home Is A Fire" -Death Cab For Cutie
Inget!

31. "Menang Demi Cinta" - Nidji
Ini juga inget banget! Lagu ini adalah OST-nya film Yasmine. Gua suka filmnya. Dan lagu ini pun. Langsung masuk playlist begitu dapet lagunya. Liriknya cocok sudah buat BMHM gua. Ada kata-kata "kutangkis kemalasan" pula, haha. Cocok buat kehidupan gua sehari-hari, kan? :P
Pas lagu ini keputer, gua senyum lebar. Musiknya ng-beat, jadi mayan nambahin semangat.

32. "Great DJ" - The Ting Tings
Inget!

33. "Helena Beat" - Foster The People
Gua inget lagu ini keputer pas BMHM. Inget karena gua ga apal lagu ini :D. Lagu ini masuk playlist untuk nemenin Pumped Up Kicks. Gua pilih lagu ini juga karena rasanya lagu ini enakeun. Tapi intronya pun gua ga apal. Alhasil, pas lagu ini keputer, gua ngong sebentar. Lagu apa ini? Oh, pasti Helena Beat. Karena ini satu-satunya lagu di playlist BMHM yang gua ga tau :)).

34. "Pumped Up Kicks" - Foster The People
Ga tau kenapa, gua pengen masukin lagu ini ke playlist. Pas lagu ini keputer, gua langsung liat sepatu yang dipake pelari lain, hahaha. "you'd better run, better run, outrun my gun," gua sing along :)). Dor! Aw.

35. "Banquet" - Bloc Party
Lagu ini enak banget dipake lari. Makanya wajib masuk playlist ini :D. Pas denger lagu ini, ga sing along, kayaknya.

36. "Sunday" - Bloc Party
Inget! "I love you in the morning, when you still hungover." :D

37. "Positive Tension" - Bloc Party
Inget! Tapi ga kayak biasanya, gua ga tereak pas "so fucking useless". Tenaga mulai abis karena cape dan kram, kayaknya. Dan gua ga mau jadinya malah ngarahin "so fucking useless" ke Sinan&Siri yang kram bergantian waktu itu. They were not useless, of course. They did a great job. They took me to the finish line.

38. "Don't Stop Me Now" - Queen
Kenapa gua ga inget lagu ini keputer, ya?

39. "Lisztomania" - Phoenix
Ini juga ga inget -_-.

40. "Lasso" - Phoenix
Ini pun.

41. "Girlfriend" - Phoenix
Ini juga.

42. "Armistice" - Phoenix
Ini juga pun.

43. "Dumb" - Nirvana
Ga inget juga.

44. "Very Ape" - Nirvana
Ini rasanya inget. Inget gua sing along "if you need anything, please don't hesitate to ask someone else first. I'm too busy acting like I'm not naive..." :D.

45. "60 Miles An Hour" - New Order
Rasanya inget. Tapi lupa.

46. "You Stole The Sun From My Heart" - Manic Street Preachers
Inget! Sing along "you, stole the sun from my heaaaaaart.. you stole the sun from my ..heaaaart" :)).

47. "Australia" - Manic Street Preachers
Inget juga, karena pas lagu ini keputer, gua ngebayangin dua minggu setelah BMHM, gua bakal nyempetin lari di Sydney. Taunya ga jadi, hahaha... -_-

48. "Good Old Fashioned Lover Boy" - Jason Mraz
Inget! Banget! Karena pas lagi sing along lagu ini, beberapa pelari nengok ke gua, hahaha... Kayaknya suara gua mayan kenceng pas sing along X)).

49. "Whenever I May Roam" - Metallica
Ini juga inget banget. Pas udah di aspal ini mah keputernya. Kayaknya XD. "and the road becomes my brrrride..."

50. "Speeding Cars" - Imogen Heap
Ini juga semacam lagu wajib gua kalo lari. Lagu ini, entah kenapa, selalu bikin adem. Pas lagu ini keputer di BMHM, semacam menghibur diri sendiri. Dan pengen nangis :'D.

51. "Try" - P!nk
Ini salah satu lagu yang hadir di kenaikan kelas 10K waktu Nike We Run, Jakarta 2013 lalu. Dan gua pengen lagu ini juga keputer pas kenaikan kelas HM. Jadi gua masukin ke playlist, deh. Dan keputer. Pas banget liriknya untuk menyemangati diri sendiri, "you gotta get up and try."

Sekarang udah sembilan hari lewat dari BMHM, dan tiap denger playlist ini, gua masih ngebayangin waktu gua jalanin BMHM gua. HM pertama. Lomba terberat. But it's all worth it. The experience, the journey, the pain, the relief. Gua bilang gua ga akan ikutan BMHM lagi. Tapi kayaknya dua atau tiga taun lagi gua akan balik ke sana dan ikutan lagi. Dengan persiapan yang jauh lebih memadai, tentunya. Biar ga kram lagi :P.

Kenapa ga ambil FM-nya? Karena FM gua cukup di jalan aja. Ga di gunung.

1 comment:

TiQi Bo said...

Geez, lotsa songs..
dan banyak yang gue nggak tau. me. lame. :|