Wednesday, September 24, 2014

#677: 25/365 no music? no way.

Jadi gua baca satu artikel tentang apa, ya, lupa. Pokoknya, di dalamnya ada kalimat (kurang lebih): sekali dalam seminggu, cobalah lari tanpa gadget, untuk melatih diri kita tau pace alami kita. Tanpa gadget, termasuk tanpa musik. Wewh. Gua salah satu pelari yang "harus" denger musik kalo lari. But I went, "Okay, I'll give it a try."

Tadinya, tadi pagi mau lari tanpa musik. Tapi tetep bawa Gipsy, buat masang endo dan nike+ :D. Earphone pun sud siap ditinggal. Tapi setelah beres pemanasan, gua berubah pikiran. Gua langsung ambil earphone, dan pasang musik sebelum mulai lari, hahahahadeuh.

Untung gua ga jadi lari tanpa musik tadi pagi itu. I ran grumpily. Perasaan malah-malah (baca: marah-marah) mulu tadi pas lari. Gara-gara lalu lintas lah, rebutan jalan sama motor lah, diganjenin motorist laki-laki lah... Siyal. Tapi musik membantu menahan malah-malah gua. Kalo tadi jadi lari tanpa musik, gua rasa gua akan nyerah sebelum nyelesein lari tadi pagi.

Dua taun ini gua emang (hampir) selalu lari sambil dengerin musik. Dulu pertama-tama rajin lagi lari, sih, ya tanpa musik. Itu juga karena gua ga punya alat pemutarnya. Terus gua beli James. Mulailah gua lari sambil dengerin musik. Sampe sekarang.

Ga tau, ya, kenapa "harus" banget dengerin musik kalo lagi lari. Mungkin karena gua menganggap lari itu adalah me-time gua. I'm in my own little world when I run. And that world would be absolutely perfect when filled with music. Mungkin itu, ya.

Mungkin gua jadi ga bisa denger langkah lari gua, ga bisa denger napas gua sendiri. Eh. Tapi masih bisa ngerasa, sih, kalo napas mah. Hahehoh gitu :)). Kalo suara-suara sekitar, macam suara lalu lintas, masih bisa kedenger. Kan gua juga masang musiknya ga kenceng-kenceng amat. Dan si earphone kadang lepas dari telinga X)). (Jadi keingetan pengen beli earphone yang mantep buat dipake lari *ahlesyan, hihi)

Jadi gua pikir, gua masih dalam tahap aman, lah, lari sambil denger musiknya. Bisa dibilang, lari sambil dengerin musik itu, gua banget.

Makanya ketika gua lari tanpa dengerin musik, gua asa bukan gua. Waktu BMHM tah, contohnya. Kilometer-kilometer awal, gua lari tanpa dengerin musik. Gua sedikit terpengaruh sama "dengerin suara alam aja, kicauan burung, suara angin, bla bla bla" :D. Secara, gitu, BMHM itu semi trail run. Dengan view yang wow indahnya. Oke, gua bisa denger suara-suara alam, derap langkah lari gua, napas gua. Tapi medan yang (buat gua) berat, bikin gua cepet banget capek. I could not enjoy my running...

Di KM 3, di water station pertama, gua istirahat cukup lama. Minum, nyedot GU gel sedikit, dan masang musik. Ga serta merta ngurangin capek gua, sih. Ya secara medannya ga bertambah gampang juga setelah KM 3 :P. Tapi bikin gua bisa lebih menikmati lari gua. Pump up my run. Hazek.

Tapi, suatu saat nanti gua akan coba lari tanpa musik. Demi performance lari yang lebih baik.

Hayah. Ka mana ateuh, performance lari yang lebih baik :)).

Bye.

No comments: