Friday, April 17, 2015

#751: 9/365 Project SKA42


Taun ini, Sista ulang taun yang ke-42. Marathon number! Hahaha. Sejak suka lagi lelarian, angka 42 (tepatnya 42,195) emang jadi semacam angka keramat buat gua. Karena gua bercita-cita untuk ikutan dan menyelesaikan lari marathon. Setidaknya sekali dalam hidup gua :D.

Alasan itu, digabung dengan pertanyaan kasi-kado-apa-ya-buat-Sista menghasilkan ide untuk bikin album foto beserta ucapan selamat ulang taun buat Sista dari keluarga dan teman-temannya. Sound nice, eh? ;-)

Dan dimulailah proyek yang gua namakan Project SKA42 ini. —Oh, harus, dong, dikasi nama. Wade, gitu loh! :))
Masih harus dijelaskan juga kenapa namanya Project SKA42? Oh, please. Isn't it obvious? Well. It's her initial and her age. Simpel, tapi catchy, toh? ;-)

Awalnya, gua cuma mau ngumpulin ucapan dari Genggongers. Tapi kemudian, seperti biasa, muncul ide di tengah jalan. Kalo ditambahin dengan ucapan dari keluarga sama temen-temen  Sista waktu kuliah S1 (mereka menyebut diri mereka bro&sisGeo92 :D) dan waktu S2 di Malaysia, lucu juga, kali yee... Surprising, pula. Meureun. 

Jadi begitulah. 
Mulailah gua berburu ucapan dari temen-temen Geo92. How? Bersyukurlah gua kenal sama satu sis Geo92. Cuma satu, tapi sis yang deket banget sama Sista :D. Namanya Mbak Emma. Dan bersyukurlah gua temenan sama dia di fesbuk. Oh. Akhirnya fesbuk ada gunanya juga, hahaha. Lanjut, ya, ceritanya. Mulailah gua pake jurus SKSD gua yang angot-angotan itu :P. Gua kirim message ke Mbak Emma via fesbuk. Minta nomor wasap-nya. Lalu kami wasapan. Gua sampaikan niat dan ide gua. She was excited! Haha. Dan dia bilang, kontak aja temen-temen bro&sis Geo92 via fesbuk. Oke. Memang begitu niat gua. Dan Mbak Emma janji minjemin foto-foto jadul pas jaman mereka kuliah. Noice! \(^o^)/

Dan perburuan sebenarnya pun dimulai.
Gua kirim pesan ke fesbuk teman-teman Sista. Kopas-kopas aja lah. Capek, keleus, kalo ngetik lagi ngetik lagi mah, hahaha. Pesan-pesan pun dikirim. Tinggal nunggu respons dari mereka. Deg-degan juga, ternyata X)). 

Oiya, isi pesan gua adalah —setelah gua kasi tau niat dan ide gua: bersediakah Mas/Mbak berpartisipasi menuliskan ucapan selamat ulang taun untuk Sista? Kartunya, tentu gua sediakan. Kalo mereka bersedia, kartu akan gua kirim, lalu mereka nulis ucapan, trus kirim balik ke gua. Perangkonya gua siapin juga. pleus amplop bertuliskan alamat gua. Yak. Gua seniat itu :D. 
Atau, gua bilang, Mas/Mbak bikin kartu sendiri, terus dikirim ke gua. Biar lebih cepet, maksud gua mah. Tapi sekarang, kedengerannya, kok, gua agak-agak nitah, gitu ya, ke yang lebih tua, huahaha... D'oh!

Anyway. Yang langsung ngerespons adalah mentor Sista waktu S2, dan salah satu bro Geo92. Me was happy! Wogh. Hahaha. If only you could see me grinning ear to ear X)). Setelah itu, gua kirim kartu ke mereka. Ngandelin jasa pos. Setelah kartu terkirim, gua cuma bisa berdoa semoga tu kartu cepet sampe tujuan dan segera cepet balik lagi ke gua. 

Sementara itu, gua tetap berburu. Kirim pesan di fesbuk mesenjer (sambil ngira-ngira.. yang mana aja ini bro&sis Geo92 teh? Secara, gitu, Sista kalo cerita ga pernah pake nama asli mereka, haha), nunggu respons, begitu ada yang ngerespons, langsung chitchat, deal-dealan minta alamat..

Lalu timbul masalah. Bro&sis Geo92 banyak yang tinggal di luar Bandung. Kalo ngandelin metode awal gua.. kapan beresnya ini proyek? Budey ngusulin, gimana kalo dijital aja? Gua bilang, touch-nya kurang XD. Yeah. Me and my touchy thingy :P. Ide bisa dateng dari mana aja itu nyata adanya. Salah satu temen kantor yang lagi kuliah S2 di Solo, ngirim ke gua ucapannya. Dia bikin tulisannya di atas foto Sista. Ha! Selain itu, Mbak Emma ngasi kabar kalo salah satu bro Geo92 akan ngasi ucapannya via Mbak Emma dan minta tolong Mbak Emma yang nulisin di kartunya. Ha! Me connected the dots. Me got another idea: gimana kalo Mbak/Mas berfoto aja (selfie juga boleh XD) dengan tulisan ucapan selamat ulang taun buat Sista? Nanti file-nya dikirim ke gua, dan gua yang cetak untuk kemudian dimasukin ke album. Ha! I know, right? Manusia milenium harus memanfaatkan teknologi, dong. Um. Wait a minute. Itu kayak yang Budey saranin sebelumnya, deh. Bentuk dijital. Haha. Haha. Haha. Yah. Akhirnya gua sadar. This wasn't about me. It was supposed to be all about Sista. It was her birthday, for God's sake, Desy! XD
Kalo gua mau keukeuh semua temen Sista nulis di kartu yang udah gua siapin, kapan selesainya tu album? :P
Yowes. Syukurlah gua menyadarinya, heuheu..

Dan terbukti. Makin nambah yang ngerespons dan mau berpartisipasi dengan foto selfie-nya, hihi. Me happy! :))

Selain berburu ucapan, gua juga berburu foto-foto. Berburu di... fesbuk lagi! Haha. Makasih, fesbuk! :D
Dan bongkar-bongkar folder di Mossi, Peaches, Hadewade, dan Wadedesay. Dan gshare. Dan minta ke Hardi juga, yang barengan Sista ke Jepang dan Norwegia tempo hari. Dan minta foto-foto Bromo ke roomie juga (yang ternyata gua punya juga, ngopy dari dia, wkwkwkkk).

Begitu banyak foto yang gua dapet, secara bergelombang. Bikin gua bolak-balik ke Jonas dengan senang hati, hahaha. Entah kenapa meni kudu ke Jonas *bukan pesan sponsor XD*. Begitu liat hasil cetaknya... me super happy! Apalagi waktu masuk-masukin ke album. Wogh. Bari seuseurian olangan, pula :)). That was super exciting. And calming in a strange way. 

Selain bolak-balik ke Jonas, gua juga bolak-balik ke Cascade lantai 3, dan.. Made With Love (MWL). Dengan suka cita, tentunya, mwahahaha... Gosh. I love those places. Terutama MWL. Pricey, but it's been my one of my sanctuaries since I knew it :D. 
Di sana gua bela-beli journaling cards (dan pernak-pernik lainnya yang tidak direncanakan untuk dibeli tapi kemudian dibeli dengan justifikasi: bisi butuh XD), untuk melengkapi koleksi yang udah gua punya sebelumnya. Oiya. Gua bongkar koleksi bahan-bahan scrapbook yang seabrek itu. Akhirnya kepake juga! Haha.

Begitulah. Rasanya ga bisa gua ceritain secara detail. Selain bakal bikin panjaaaang banget ini postingan, guanya juga udah ga bisa runut nyeritainnya. Harusnya gua catet di mari, ya, journey gua nyelesein Project SKA42 ini. Hari per hari. Jadi gua punya catetan sendiri. Tapi, takutnya Sista baca blog gua. Jadi ga surprais, dooong... —padahal mah, guanya aja yang maleus, haha. Jangankan posting jurnal harian proyek ini, bikin bahan untuk #365HariBersyukur aja terbengkalai. Jauh sebelum gua kaidean untuk bikin album ini. 

Lanjut. 

Masalah yang timbul juga adalah: kapan album ini mau dikasiin ke Sista?
Pas hari ulang taunnya, ga mungkin. Pas besoknya, juga ga mungkin. Pas ngebaso di Baso Bujangan? Ng. Masih terlalu banyak bolongnya :(. Akhirnya gua putusin untuk dikasiin pas hari Jumat, 17 April 2015. Penuh atau masih ada yang bolong, sudlah akan gua kasi di hari Jumat itu. 

Kemudian.. ngasiinnya gimana? Gua sih, pengennya dibikin susurpraisan gitu. Tapiii.. sok gagal wae X))). Yasud, gimana nanti aja. 
Beneran we... semalem, harusnya gua ngeberesin proyek ini. Finishing, lah. Eh kok ya gua malah ketiduran... Subuh-subuh kebangun, lanjut finishing XD. 
Lalu, gua berangkat ke kantor seperti biasa. Siang. Heuheu *tutup muka pake sarung*. Pas baru naek angkot Bubat, Budey nge-iM, ngasi tau kalo Sista dan Mee lagi jalan ke belakang kantor ..mau beli cakue XD. Jadi, kalo mau nyurpraisin Sista, saat itulah waktunya! Euh. Wkwkwkwkk. Gua kembali mangkewe. Dan ternyata.. JENGJENG. Pas gua sampe kantor, gua liat Sista san Mee lagi jalan otw balik ke balai. Ha! Masih bisa nyurpraisin Sista! Gua buru-buru turun dari ojeg, bayar, masuk balai, absen, beretek lumpat ka luhur, buka pintu ruangan Sista ...yang terkunci. Ah. Buru-buru ke ruangan gua, naro tas. Budey keluar dari ruangannya. Gua bilang pintunya dikunci. Trus Budey nyoba nyari kuncinya, kali-kali ga dibawa. Ada! Begitu pintunya kebuka, langsung gua taro si my baby album SKA42 di atas mejanya Sista. Dan gua beretek balik lagi ke ruangan gua —setelah mengunci kembali ruangan Sista :D. Gua ngewasap Mee, minta tolong pangmotoin momen pas Sista ngebuka si album. Tapi taunya delay wasap gua ke Mee. Lupa kalo kuota data udah abis, dan gua belum aktifin wifi. Damn. 

Di ruangan gua, ga lama kemudian, gua denger suara kunci pintu dibuka. Sista dan Mee sud balik ke ruangannya! Gua nunggu suara-suara ribut dari ruangan mereka. Tapi kemudin hening. Kok ga ada rame-rame?
Terus Mee bales wasap gua. Ternyata dia lagi di parkiran balai, ngecek alarm mobilnya yang lagi bermasalah. Oh. Berarti.. Sista sendirian di ruangannya. Jangan-jangan... JENGJENG! *naon, sih X))*

Mayan lama juga itu keheningannya, wkwkwkk.. Kemudian.. Budey: Sista posting di Path! Buru-buru meluncur ke Path. Hoo.. doi sud buka albumnya! Lalu beberapa hal terjadi berurutan secara cepat: ada notif di twitter —dari Sista, mau reply, eeh Sista malah masuk ke ruangan gua —sambil bawa-bawa si album dan ngasi lumpia basah ke gua, ada notif iM —dari Sista.. wakakak..

Sista said thank you *sambil manyun, wkwkwkkk*, I said it's okay, kami berpelukan.. udah gitu kami mewek bareng, hahaha..

Gosh. Kenapa jadi ikutan mewek? X))

Lagi seru-seru mewek gitu —sambil gua merepet cerita ke Sista, kucuk-kucuk si roomie masuk. Merusak keharuan. Hahaha.

Udah gitu? Posting di Path! XD
Kemudian rame berbalas komen, heuheuheu..

Mission accomplished!
Nice, Desta! :D

Fyuh. 

Now that the album has been handed to her, I feel... a bit odd. Itu album gua kekewek selama hampir dua minggu. Setiap malem gua buka. Ada atau tidak ada kartu baru yang harus dimasukin ke album. Gua bongkar beberapa kali demi mendapatkan halaman-halaman memori yang pas. Entah apa definisi "pas" itu. I just followed my sense, my instinct. Tumben banget, yak? :D
Sekarang, malah gua yang kangen si album. Budey bilang, itu tandanya sudah waktunya gua bikin album sendiri. I think she's right. Tapi ada yang lain... Entahlah. Rasanya ada sedikit bagian gua yang hilang. Semoga itu adalah sedikit hati gua. Tanda kalo gua bikin tu album dengan penuh cinta —seperti yang gua tulis di kantong plastik MWL yang gua jadiin bungkus si album. Waktu nulisin itu mah, gua ga terlalu ngeh. Tapi sekarang, yes, I mean it well, more than when I wrote it: I made it with love :). 

Udah, ah. Tar malah mewek, hahaha. 









No comments: