Tuesday, January 09, 2007

#345: The First Posting in 2007

Surely need nine days to post the first posting, huh?

Gitu doang, pula, isinya.
Hehehe…






Oke, deh. Nulis dikit, deh.

Tadi baca satu blog punya satu temen di kantor. Dia nemu quote tentang kedewasaan dari bintang tamu di talkshow-nya Oprah. Kurang lebih begini katanya: ’Kita bisa disebut dewasa saat kita mendedikasikan hidup kita buat orang lain’ (kalo salah, mohon maaf sebelumnya). Dan dia bilang, selama ini dia nyari jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan Oprah ke tamunya itu (which is the meaning of being grow up, atau maturnity? Any differents? Just let me know, yak!).

Well, untuk beberapa lama, gw juga sempat nyari definisi kedewasaan itu. Atau gampangnya, kalo ada yang nanya ’Menurut lu, dewasa itu apa, sih?’, jawaban gw apa ya? Dan buat gw, setelah nemu beberapa definisi (iya gitu? Gw kok ga yakin gw bisa nemu sebanyak itu, hehehe....), kesimpulan gw adalah: ’To grow-up is to compromize’. Dengan apapun, dengan siapapun. Intinya gitu. Karena? *mikir-mikir... terus nyengir*

Pernah gw nemu satu definisi tentang kedewasaan. Dan definisi ini yang paling pas sama gw. Gw dapet dari film Coach Carter (jadi inget, gw pernah janji mo cerita tentang film itu di blog gw, tapi sampe sekarang belom dibikin, hehehe...). Ini line-nya Coach Carter ke anaknya yang pengen pindah sekolah, di mana ayahnya jadi pelatih basket, hanya karena dia pengen maen basket di bawah bimbingan ayahnya (’I wanna play for you, Dad'... how so sweet...).

Part of growing up is making your own decisions
and living with the consequences.


Cool kan?
Eh, tapi dibilangnya ‘part of growing up’ ya? Berarti, masih banyak aspek lain yang turut mendukung seseorang bisa dibilang dewasa. Salah satunya adalah seperti yang ditulis di awal posting ini (bukan, bukan yang ‘surely need…’. Yang satunya lagi… yang tentang kedewasaan itu tadi). Itu bisa berarti tidak egois, kan ya?

Gw yakin, setiap orang punya definisinya masing-masing tentang kedewasaan. Ini yang udah lama pengen gw tanya ke semua orang (minimal yang gw kenal; kalo bisa sih, beneran ke semua orang).

So guys, anyone, anybody… Siapapun yang mampir ke blog gw ini… Mau ga tolong gw?
Menurut lu, apa sih artinya dewasa itu? Atau (seperti di blog temen gw itu) kapan sih, seseorang bisa disebut dewasa?
Kalo sempat, tolong isi di komen aja, ya.
Ga tau nih, gw kinda terobsesi (or just curious? I dunno…) sama pendapat orang-orang tentang kedewasaan.
Setuju ga sama yang gw bilang, kalo ‘to grow up is to compromize’ ?

Ok, enough for first posting in 2007.
Thx buat partisipasinya.
:)

1 comment:

Vina said...

Dewasa means udah mampu mengambil keputusa sndr, konsekuensinya udah harus bisa menimbang secara jernih mana yg bener & salah. Dewasa means mampu mengolah batin, kapan harus bersedih, gembira & bersimpati.. Kapan harus dewasa?? Ga ada batasan umur yg jelas, krn [seperti kata iklan rokok], "Tua itu pasti, dewasa itu pilihan.." Kadang2 fase dewasa terjadi karena tempaan lingkungan.. Maap jd ngarowecoh beginih.. Hihihi!!