Monday, April 09, 2007

#364: Kondyangan

Kondangan, maksudnyah, hehehe...
Adakah kondangan itu singkatan dari ’ke undangan’ kalo dibaca cepet?
Ke undangan --> keundangan --> kundangan --> kondangan. Gitu ga? :D
Dan kenapa kondangan ini identik dengan ’undangan pesta pernikahan’, ya? Iya ga, sih?
”Mau ke mana, Bu?” ”Kondangan.” ”Siapa yang nikah?”
See?
”Besok aja deh, perginya.” ”Ga bisa, Besok ada kondangan.” ”Siapa yang nikah?”
See?
Padahal kan, ada juga undangan sunatan, undangan ulang taun, undangan rapat, undangan pengajian, et cetera, et cetera, et cetera. Tapi kenapa kalo ada yang bilang ’kondangan’, orang langsung berasumsi ’undangan pesta pernikahan’ ?
Hehehe... Ga penting, ya? :D

By the way, untuk waktu yang cukup lama, gua sempet males kalo diajak ke pesta pernikahan. Padahal waktu masih umur-umur SD gitu, gua seneng banget kalo diajak ke pesta nikahan. Kenapa? Karena itu berarti gua pake baju bagus, boleh pake lipstik n perhiasan (halah! Sekarang malah males pake lipstik n perhiasan :p), bisa nyicipin makanan yang enak-enak, dan karena biasanya pesta nikahan itu digelar di hari Minggu, itu juga berarti gua bisa jalan-jalan. Hehehe...
Tapi beranjak remaja, gua males kalo diajak ke pesta nikahan. Di umur segitu gua mulai suka n nyaman pake baju yang nyantai gitu. Karena kalo ke pesta nikahan berarti harus pake baju rapi, gua mulai merasa ribet kalo diajak ke pesta nikahan. Jadi mendingan ga usah ikut aja. Ini berlangsung sampe gua kuliah.
Beranjak dewasa, karena temen-temen seumuran gua udah mulai banyak yang melepas masa lajangnya (bahasa infotainment banget ga sih? :D), mau ga mau gua harus mau dateng ke pesta nikahan temen-temen gua. Tapi itu bukan berarti ga ada masalah.
Masalah yang selalu ada kalo gua nerima kartu undangan pesta nikahan tu adalah: the outfit to wear. Hehehe... ternyata bukan masalah dengan siapa gua bakal datang ke pesta nikahan, ya...
Buat gua, masalah the outfit to wear lebih krusial dibanding dengan masalah dengan-siapa-gua-ke-pesta-nikahan. Ga ada yang bisa nemenin ke pesta nikahan? Dateng sendirian aja. So what? Tar juga di sananya ketemu orang-orang yang gua kenal. Hehehehe... It’s that simple.
Masalah the outfit to wear itu juga sebenernya ga krusial-krusial banget, siy. Cuma, setelah gua beranjak dewasa, gua ternyata mulai pengen juga berbaju pantas kalo ke pesta nikahan. Ini mengundang masalah lain. Kalo pake baju ini, pantesnya bawahannya apa, ya? Sepatunya, atau selopnya, yang gimana, ya? Tasnya? Rambut gua digimanain? Kalo masalah make up wajah sih, gua ga ambil pusing. Biarin aja.
Masalahnya lagi buat gua, sepertinya di lingkungan kita itu ada peraturan tidak tertulis yang menyatakan kalo ke pesta nikahan itu ”harus” ”gaya” (definisiin sendiri aja, ya? Gua ga bisa mendefinisikan lebih baik lagi :D). Kenapa jadi masalah? Karena gua ga bisa ”gaya”. Kesian banget gua jadi cewek.
Sebenernya bukan “harus” “gaya”, sih… Ada yang bilang kalo kita diundang ke pesta nikahan atau apa pun, sebaiknya kita berpakaian “pantas” untuk menghormati si pengundang. Iya begitu ga, sih? Gua kok, masih males aja nerima pendapat ini, ya? *big grin*
Andai aja ga ada peraturan-peraturan tidak tertulis yang menyatakan bahwa kalo menghadiri pesta nikahan “harus” “gaya”... *sigh* Niscaya gua bakalan hayu-hayu aja kalo ada undangan pesta nikahan.

Eh, tapi guys, kemaren gua pergi ke pesta nikahan temen kantor gua dengan the outfit yang bisa dibilang ”seadanya”. Seadanya di lemari baju gua, heuheuheu... Dan yang gua pusingin cuma bajunya. Bawahan, sepatu, tas... bodo amat. Dan begitu gua dapet baju yang, ya setidaknya menurut gua, cukup pantes untuk dipake ke pesta nikahan, masalah the outfit terpecahkan sudah :D.

Sepulang dari pesta nikahan temen kantor gua itu, gua mo nonton Mr Bean’s Holiday bareng sodara gua. Waktu dia nanya apa gua mo langsung ke bioskop dari tempat pesta nikahan itu, gua langsung jawab, ”Ga! Gua pulang dulu. Ganti baju!”
Hmm... Mungkin, ternyata buat gua, mungkin baju ke pesta nikahan itu ga ”pantes” untuk dipake maen. Ya ga nyaman aja. Berarti, baju pesta = ga nyaman? Hahahaha...

No comments: