Thursday, October 25, 2007

#450: Gempa Sudah Berlalu

… paling ga untuk saat ini, heuheuheu…

Maksud gua, UTS gempa yang udah berlalu. Gempa beneran mah baru aja terjadi lagi tuh, di Bengkulu, magnitude 7! Aftershock-nya masih sering terjadi, ternyata. Hope everything is under control.

Gile ga gua, hari gini udah nulis buat posting aja! Sambil nonton Champions di rcti, Werder Bremen vs Lazio. Hehehe…
Ga gile juga, sih. Orang semalem begitu selesai Para Pencari Tuhan gua langsung tepar. Tidur kayak orang pingsan. Sampe ga tau kapan si Uwa pulang. Lilir-lilir, si Uwa udah dateng, n gua pindah ke kamar si Botak. Tidur lagi *gubrags* :D.

Ngantuk banget, bo. Semalem sebelumnya gua cuma bisa tidur sebentar, tiga jam gitu lah. Itu juga ga nerus tiga jam. Karena? Ya itu… belajar gempa. Padahal Selasa kemaren gua ga ngantor. Sengaja. Ceritanya sih, mo belajar buat ujian. Tapi gua baru mulai belajar selepas maghrib, hehehe… Siangnya malah beli perlengkapan buat ngirim lamaran CPNS. N komik. Jadi we, begitu pulang dari Kharisma, bukannya belajar, malah baca komik. Dua pula :D. Elodan pisan gua teh, nya?

Yak. Werder Bremen 2, Lazio 0. Liverpool kalah 1-2 dari Besiktas. Geblek! Tapi untung Milan menang 4-1 dari Shakhtar Donetsk –buset deh, sampe belibet gini– :D. Kalo mo baca-baca tentang sepakbola, silakan kunjungi www.bolanova.com *lirik Adi*.

Kembali ke gempa… eh, UTS gempa, maksudnya. Tar disangka gempa beneran, lagi, hehehe… Maklum, anak kuliahan kan emang suka punya nama sendiri untuk nyebut mata kuliah yang ada di jurusannya. Ya ga? *wink*

Nah. Ujian gua berjalan lancar. Sukses bersyarat lah *lirik Mba*. Kalo ditambahin setengah jam, sukses tanpa bersyarat, deh :D. Atuh da yang bikin soal teh meni tega, ngasi rumus atenuasinya yang panjang ga ketulungan. Sampe ada …)^2)^2)^1/2 segala. Gua pan bingung masukin ke kalkulatornya! *lirik sebel ke yang kemaren ngawas —sebelnya setengah beneran setengah ‘seneng-betul’, heheheh* Meski hasilnya jadi luar biasa juga, sih.

… luar biasa ngaco, hakhakhakhakhak…
Maksudnya, di luar kewajaran. Biasanya, percepatan gempa dalam satuan g (=gravitasi) tu paling nol-koma lah *lirik Mee: benerin kalo salah yak :D*. Hasil gua mah empat-koma-sekian gitu *gubrags*. Pasti ada yang salah, dong? And I loved to blame it on that bloody attenuation formula! Ha! Bener juga apa yang pernah gua baca: blaming on something —or someone— is relieving. Heuheuheu…
Lagian, kenapa ga ngasi atenuasi yang biasanya aja, sih? Yang udah ada di program kalkulator yang gua pake?? Itu sih, intinya, hahahah… Kan bisa bikin kerjaan gua lebih cepet. Soalnya, UTS kali ini itungan banyaknya ada dua: Gumbel n total probability. Ga tau ya, temen-temen yang laen sih. Tapi itu cukup bisa bikin gua mabok. Eh ga, ketang, ralat: bikin gua nyeri punduk! Udah gitu, ga tau napa, tangan gua kayaknya kaku banget dipake nulis. Tulisan gua jelek banget! Semoga yang meriksa bisa ngerti apa yang gua maksud *pengennya sih lirik titik-titik, tapi da dia mah ga mungkin baca blog gua —gubrags*.

Jadi ya —ih ujug-ujug jadi aja—, kemaren tu, soalnya ada lima *nyanyi Balonku Ada Lima* : stereonet, penentuan jarak episenter berdasarkan pencatatan gelombang gempa, penentuan magnitude gempa, analisis risiko gempa pake Gumbel, n total probability theorem. Bisa dong, semuanya. Ngerti deh, soalnya harus digimanain. U-uy! Gaya euy. Ya ngerti lah! Harus dikerjain kan? Kekekekek… *dzigggh*
Tumben-tumbenan gua ngerjain secara runut, dari nomer satu. Gua pikir, lebih baik ngerjain yang gampangnya dulu. Meski poinnya bangsa sepuluh atau lima belas persenan gitu. Tapi kalo gua kerjain Gumbel atau total probability duluan, takutnya yang gampang-gampang itu ga kekerjain. Thank God akhirnya semua kekerjain.

Itu yang gua pikir.
(Perlu *gubrags* ga? Ga usah lah, ya. Lama-lama bisa geger otak, gua. :D aja lah, ya. Paling dampaknya gigi kering doang.)
:D

Begitu gua selesai ngerjain total probability (kali ini kelar! Hura! *lirik Mee*), yang bertepatan dengan “Yak! Waktunya abis. Kumpulin!” –diucapkan dengan suara berat; ga cempreng, maksudnya– , gua sekilas ngecek semua jawaban gua. Lah… Ada satu poin yang belom kelar. Oh no! Trus pas liat jawaban Gumbel gua yang luar biasa itu, gua cuma bisa *sigh*. Pas liat plastik transparansi? Okay lah, not bad gambar telor stereonet-nya. Dan gua balik ngecek pertanyaan buat total probability. Cuma ditanya berapa probabilitasnya. Sud berarti. Udah gitu gua pinjem stapler ke Uli, n ngumpulin lembar jawabannya.

*pause!*

STOP PRESS!
Info dari lensor antv: Liverpool jadi juru kunci di grup A Champions! Huaaa…
(kayak Mbah Ronggo n Mbah Maridjan aja, juru kunci :D)

*play*

Begitu semua udah ngumpulin lembar jawaban, langsung deh, ngung-ngung-ngung… Pada ngebahas suasana ujian tadi. Dan soalnya, tentu aja, hehehehe…
Mulai dari masih di dalam kelas, jalan ke arah ruangan geo n duduk di bangku yang ada di depan ruang geo, gua n anak-anak 2006 ngobrolin ujian tadi. Biasa deh, kalo udah bahas-membahas gitu, adaaaa aja salahnya.
Misalnya gua. Ternyata ada satu kesalahan kecil di jawaban Gumbel gua: ada satu data yang ga gua ilangin. Tapi ga apa. Toh emang jawabannya sendiri udah luar biasa kan? Yyyeuk. Ada satu lagi: gua ga baca “berlawanan arah dip” yang
ternyata ada di soal stereonet. Wah *nepok jidat*. Tapi ga apa juga. Toh emang gua belom bisa ngerti stereonet buat yang subduksi. Ternyata :D. Tapi buat nentuin tarik-tekannya aja, kok.
Ada satu lagi (masih? *dzigh*): masih inget satu poin yang ternyata belom gua kelarin? Masih lah ya, kan masih di posting yang ini juga, masa ingatan kalian segitu pendeknya sih? *timpuk desi!* Ternyata ya, I missed myself a hint!! Padahal Rossy sama Uli aja bisa baca. Huh. Gini nih, kalo ga nyimak soal. Padahal dosen gua itu baek banget. Semua rumus, grafik, nomogram yang diperluin untuk nyelesein soal ujian, ada di lembar soal. Belom lagi (basa Inggrisnya mah: not to mention. Iya ta? *lirik Dey —ibu ini mah pasti baca blog gua; iya ta, Bu? :D*), meski sifat ujiannya closed-book, kami dibolehin bawa satu lembar catatan. Yang buat gua sih: kope’an legal :D. Orang ditulisnya kecil-kecil gitu, hekhekhek…

Okay. So I missed myself a hint. Tapi ga apa. Toh… mmm… toh apa ya? No excuse this time, hahahaha… Emang gua asli ga kepikiran ke situ :D.

Panjang ya, posting gua? Bodo.
Lanjut.

Ternyata bukan gua aja yang nemu kesalahan-kesalahan akibat pembahasan-setelah-ujian. Bukan cuma kesalahan jawaban, tapi juga kesalahan strategi atau kesalahan baca soal. You name it lah. Kayak Nel. Masih inget satu poin yang ternyata belom gua kelarin? Inget dong, sekarang mah? *timpuk desi lagih!!* Gua masih mending: ga kelar. Nel? Dia ga tau dong, ada soal itu. Heheheh …
Del juga. Kalo dia mah salah strategi, kata dia itu juga. Dia ngejar nyelesein soal yang poinnya gede: Gumbel n total probability. Yang kecil-kecilnya? Ya mungkin kekerjain juga, tapi ga pol. Meureun. Terus, di soal total probability, dia ngitung lagi probabilitas jaraknya. Padahal udah dikasi dalam bentuk histogram di soal. Begitu tau kalo ga perlu diitung lagi, dia bilang, ”Berarti kerjaan gua bisa beres, sebenernya …” Kekekek …
Kalo Rossy sama Uli? Apa ya? Rossy mah paling kerajinan nulisin teori Kuda’s Law. Padahal disuruhnya gambarin selubungnya. Itu karena dia telat ngeliat kalo di lembar soal ada rumus untuk bikin selubung Kuda’s Law. Jadi dipikirnya jawab pake teori aja. Padahal rumus itu juga ada di kope’annya. Dasar. Walhasil? Dia ngapus semua teorinya, n bikin apa yang diminta :D. Uli? Ga ada, kayaknya.

Secara umum, anak-anak 2006 menemui kendala pada penggunaan kalkulator mereka. Halah bahasanya, heuheuheu … Rata-rata pas dieksekusi, yang keluar bukan hasil berupa angka, tapi ’ma error’ atau ’dim error’ melulu. Gua bilang: untung bukan Mak Erot yang keluar dari kalkulator *kriukk* (garing? Emang. Makanya gua pasang *kriukk* juga :D).
Mereka menemui kendala pada penggunaan kalkulator mereka tanpa tau kalo ada program yang bisa di-copy n dipake buat mempermudah n mempercepat dalam ngejawab soal ujian gempa. Eh, ralat: mereke tau program itu ada. Tapi mereka takut kalo program itu ga valid. Tanpa tau kalo itu sudah teruji. Udah tiga angkatan yang pake, gitu lho. Dan emang udah diuji juga sama gua n temen-temen yang udah pernah ngambil gempa sebelumnya. Maksudnya, pas dipake buat ngerjain soal, hasilnya ya sama aja kayak kalo kita ngitung secara manual. BT lah. Beda-beda Tipis.
Ya gini deh, kalo sebelum ujian ga sempet belajar bareng.
Ya sud lah.

Kamar Botak, Kamis 25-10-2007, 7:28 AM, currently listening to: Lady of Dreams by Kitaro feat. Someone :D
Baru aja matiin tivi; kenapa sih Dewi Persik Kediri itu suka bener ngasi jawaban pake nyanyian segala???

2 comments:

Tukang Ketik said...

makasih yah teh dah dipromisiin blog bolanova.com nya, hihihi...

imgar said...

hihi..karena dewi persik pengen nunjukin kalo ddia bis nyanyi..gak cuma jadi artis gosip doang.. :p