Friday, November 30, 2007

#456: 7, 8, 9, 10 Kedodolan d’Gang

Pertama-tama, sekedar informasi buat lu, belakangan ini gua jadi sering bilang “Dodol!” untuk mengganti umpatan yang biasa gua ucapin. Ups… Hehehe…
Sekedar informasi juga, ini gara-gara Dey n Mba, yang lebih dulu suka bilang dodol. Ditambah lagi faktor tulisan-tulisan Miund dan (rasanya) Okke ‘sepatumerah’ (juga), udah deh… dodol jadi satu kosakata baru yang sering keluar dari mulut gua (hahaha… gua hiro???).

Dan baru aja tadi gua bilang ke Dey kalo enaknya ngomong dodol tu adalah kata dodol itu bisa menyamarkan kata-kata umpatan yang mungkin pingin kita ucapin. Misalnya, gua aja deh. Sebelum dodol, gua suka siht, ajinr atau ainjrt whatsoever lah (kadang malah an#!@g –walau dengan suara pelan :D). Kedengerannya kasar pisan pan? Apalagi keluar dari bibir (tadi mulut, kok sekarang bibir? Biarin aja, biar adil :P) seorang perempuan cantik nan menawan begini *gubrags*. Ga pantes banget, kalo kata orang-orang mah.

Nah, dari kata dasar dodol, bisa dong dibikin kata baru lagi. Tambahin awalan ke- dan akhiran -an. Tadaa... jadi deh kedodolan. Yang artinya? Perlu ya diartiin di sini? Artiin sendiri aja lah. Lu kan pada pinter... *duengg duengg*

Udah, udah... kita langsung aja ke intinya sesuai judul posting ini, yah!

Jadi ya, berawal dari akhir Ramadhan kemaren, entah kenapa, adaaaa aja kedodolan-kedodolan yang d’Gang lakukan. Gua sih curiga, sebenernya kedodolan-kedodolan itu udah ada sejak dulu. Tapi baru kali ini aja terekspos n terdokumentasi. Halah. Check this out, deh.

Kedodolan #1
Kedodolan #1 berasal dari Dey. Prefect of d’Gang. Tapi sekarang dia ga mau lagi disebut prefek (bikin dia tampak aneh, katanya). Kebetulan, sih. Ternyata emang doi (halah… doi, booo…) kalo lagi jeprut mah sama-sama aja! Apalagi doi kan kreatif. Jadi jeprutnya juga kreatif, heuheuheu... (ada ya, jeprut kreatif? *lirik d’Gang*) Mau contoh? Penelbang Jantan. Akronim alternatif buat kantor gua!!! Hahahahaha...
Okay. Now. What had she done?
Jadi ya, Ramadhan kemaren itu, d’Gang (minus Kakang Prabu, pleus Kaka Daffa) ngabuburit dan akhirnya buka di satu restoran di BIP. Makan, makan, makan… Minum, minum, minum… Selesai lah. “Mas, tolong bill-nya, ya!” ciee... biar kayak di pilem-pilem gitu deh, kikikikikik... Kan baru tuh ya, minta bill-nya. Si Mas-Mas Waiter (SMMW) juga baru aja jalan ke kasir, mo ngambil bill kami. Kami juga ngobrol-ngobrol aja. Terus, Mba ngeluarin dompetnya. Bukan dompet-yang-disangka-hilang itu, ya.. bukan. Ini yang gede itu, warnanya item, tempat Mba naro-naro teuing-naon-lah, hihihi... Ditaro lah si dompet item itu di atas meja. Kami masih ngobrol-ngobrol.
Eh… Dey dong, dengan lempengnya ngambil dompet item si Mba dan ngebukanya. Gua –ga tau kenapa– merhatiin Dey. But thank God sih, gua bisa jadi liat tampang Dey yang –heuheuheu– susah dijelasin tapi lucu, karena campuran kaget, ngerasa ga sopan, salah tingkah dikit n pengen ketawa juga, kali. Gua sempet bingung juga sih, ngapain Dey ngambil dompet Mba, ngebuka-buka pula. Tapi gua pikir, mungkin emang Dey mo liat-liat dompet Mba.
Tapi begitu Dey langsung nutup lagi dompet Mba dan naro lagi di depan Mba, dan ngeliat tampangnya yang campur-campur itu, gua baru sadar... Dey kira itu tempat-naro-bill! Hahahaha....
Sebentar, sebentar... Lu tau kan tempat-naro-bill yang gua maksud? Tau, dong, tau... *memohon* Biar gua ga usah jelasin lagi, n bisa ikut ngetawain kedodolan #1 ini :D, hehehehe...

Kedodolan #2
Kedodolan #2 berasal dari Mama D. Meski ga secara langsung menyaksikan kedodolannya, gua n d’Gang ketawa enak banget, sambil bilang dodol, tentunya, heuheuheu...
Ceritanya, masih di Ramadhan kemaren, gua n d’Gang (minus Mama D) buka bareng di rumah Dey. Menu utamanya sop konro buatan mertua-tercintanya Kakang Prabu (sumpah, enak!!! Slurp...). Pleus batagor, es cingcau n puding. Uhuy lah pokona mah. Waktu itu Mama D ga bisa ikutan karena di rumahnya ada ortunya dan sodara-sodara yang katanya sih mo melepas keberangkatan Mama D mudik ke Palembang :D.
Tapi si Kakang bilang, ”Sina kadieu we lah!”. Terjemahan: ”Suruh ke sini aja lah!”. Terus gua telpon Mama D. Waktu itu udah hampir maghrib. Hampir lho, ya. Hampir.
Terjadilah percakapan telpon antara gua n Mama D. N Mama D tetep ga bisa ke rumah Dey. Ripuh, cenah. ”Liat tar aja lah; kalo bisa, ke sana; kalo ga, ya ga,” kata Mama D teh. Oke deeh...
Terus gua minta bicara sama Kaka Daffa. Mo dadah-dadahan ceritanya mah, kan dia mo mudik ke Palembang. Selagi ngomong sama Kaka Daffa, di belakang suara Kaka Daffa gua denger Mama D bilang, ”Adzan, adzan, buka.” Padahal, yang gua tau, belom kedenger adzan di rumah Dey. Masa di rumah Mama D adzan duluan??? Sukaasih teh masih wilayah Indonesia bagian barat, bukan? *bletags*
Terus gua minta bicara lagi sama Mama D. ”Aya naon, Teh?” tanya Mama D sambil (kedengerannya) ngunyah sesuatu. ”Naon?” gua balik nanya. ”Ceuk Kaka Daffa ’Ma, ini Wade mau bicara. Penting!’ cenah,” kata Mama D. Ha? Hihihihi... dasar bocah! :D
Terus... ”Din, naha geus buka? Emangna geus adzan kitu? Da di dieu mah acan...” kata gua teh. Mama D kaget, dong... Terus kedengeran sama gua: “Can adzan nya? Halah siaaah...” Hahahaha.... ”Mangkaning geus beak cai sagelas jeung kolek,” kata Mama d lagi. Haaa??? *gubrags* Huahahahaha....
Pas gua cerita ke d’Gang... HUAHAHAHAHA... Mama D, Mama D... cepet bener bukanya!

Kedodolan #3
Masih di lokasi dan acara yang sama dengan Kedodolan #2. Tapi kali ini kedodolan berasal dari Kakang Prabu. Waktu itu teh udah buka apa masih nunggu buka ya? Lupa euy. Tapi intinya, kami lagi ngobrol-ngobrol gitu di ruang tengah. Tivi nyala. Si Kakang megang n main-mainin remote tivi. Pertamanya ga ada yang ngéh, saking ’serius’-nya topik obrolan kami (halah!). Gua kali, yang pertama ngéh. Perasaan, volume suara si tivi kok tambah lama tambah kenceng? Ternyata... tanpa disadari, si Kakang teh –yang ternyata maenin tutup remote tivi: geser buka, geser -cklék- nutup, geser buka, geser -cklék- nutup... gitu aja terus– mencet tombol volume suara tivi. Hihihihi... Dodol ga sih? Ngga? Ah, dodol lu! :D

Kedodolan #4
Lokasi, acara dan pelaku masih sama kayak Kedodolan #4.
Kali ini, gua inget, udah buka puasa. Si Kakang ceritanya mo ke dapur. Dan pintu yang menuju ke dapur ditutup sama Dey. Dia teh heuyeuh we nyoba buka pintu dengan cara narik ’gagang’ pintu. Sampe daun pintunya keangkat-angkat. Tapi kenapa si pintu ga mau ngebuka? Kaareenaa... ”Kakang, pintunya DIGESER...” kata sang empunya rumah. Huahahaha...
”Pantesan... Naha euweuh gagangna...” kata Kakang.
Terus dari dapur dan kembali ke ruang tengah, dia nutup pintunya sampe nyeklék nutup... berbarengan sama kalimat Dey (yang terabaikan), ”Ga usah di-... tutup...”

Kedodolan #5
Kedodolan #5 dilakukan oleh the-one-and-only Mba :D. Sebenernya, banyak sih kedodolan yang berasal dari Mba. Tapi yang ini aja, deh. Kejadiannya baru aja beberapa jam yang lalu.
Ceritanya tadi tu gua n d’Gang pergi ke Kompas-Gramedia Fair di Sabuga (minus Kakang Prabu, pleus Nerner, minus Mama D –tapi kemudian ketemu di Sabuga pleus Kaka Daffa). Sepulang dari situ, kami makan di warung tenda seafood yang katanya terkenal murah-meriah-tapi-(semoga)-ga-bikin-mencret di bilangan Sulanjana. Kedodolan terjadi saat pemesanan makanan. Mba yang ngambil inisiatif untuk nulis pesenan kami. Gua ikut ngintip-ngintip aja apa yang Mba tulis. Tampak ada yang aneh…
“Itu apa, Mba?” gua nunjuk ke satu baris pesenan yang kebaca sama gua kentang rebus. Kedengeran gua sih, Mba ngejawab: “Kentang rebus.” Emang ada kentang rebus? Edun juga menunya. Tapi gua penasaran, pengen liat di menu. Apa emang ada kentang rebus? Tapi menunya masih dipegang siapa-ya-tadi-?. Ya sud lah.
Tapi kemudian… Si Mba cekikikan sendiri sambil nyoret kata kentang di ’kentang rebus’ tadi. Dan ngegantinya dengan KERANG… *gubrags duengg duengg*
Beneran deh… Butuh waktu sekian menit untuk nyadar apa yang ditulis tu salah. Ya Mba, ya? *ngibrit ah..*

Waah… Ternyata belom sampe sepuluh! Dan belum semua anggota d’Gang yang melakukan kedodolan. Gua n Mee *kiceup-kiceup*.
Eh, tunggu dulu. Siapa bilang gua n Mee ga melakukan kedodolan-kedodolan? Sering, tau! Kekekekek… *lirik Mee* Saking seringnya *hiperbol dikit*, sampe bingung: kedodolan mana ya, yang layak dimuat di sini? *thinking* hahahaha…

Dibikin bersambung aja deh, ya.
d'Gang, kalo inget kedodolan-kedodolan yang signifikan dan perlu didokumentasikan, kasi tau gua, yah!

Kedodolan Bonus
Pelaku kedodolan yang ini, bukan salah satu dari d’Gang. Tapi masih temen kerja d’Gang. Dan waktu kejadian, d’Gang ada di sekitar pelaku.
Kedodolan yang ini mah, asli, kayak komedi-komedi di tivi. Pelakunya, sebut aja Pelaku-1 dan Pelaku-2. Lokasinya di so-called GSG di kantor gua, pas acara pameran-hasil-kegiatan di kantor gua dua hari lalu. Balai gua bikin stand: masang display-display, nyetel company profile n ngebagi-bagiin ‘suvenir’.
Gua ngeliat Pelaku-2 lagi nelpon, ga terlalu jauh dari stand kantor gua. Gua juga ngeliat Pelaku-1 lagi nelpon, di stand kantor gua, agak mojok dan terhalang oleh salah satu display. Gua pikir mereka ga terhubung satu sama lain. Tapi ternyata Pelaku-1 tu lagi nelpon Pelaku-2, yang notabene cuma berjarak dua-tiga meteran dari Pelaku-1. Pas dikasi tau, mereka sempet tengak-tengok dan bertatapan... Hehehe...

Kamar Botak, Kamis, 29-07-2007, 11:44 PM

No comments: