Sunday, December 28, 2008

#535: OT at A Glance

Fffiuuhh… Akhirnya bisa juga nyuri kesempatan untuk posting. Hari Sabtu, abis sarapan, nunggu giliran nyuci baju. Hehehe…
Ga berasa orientasi tugas yang gua ikutin udah mo udahan. Sisa tiga hari lagi, minggu depan, dari Senin sampe Rabu. Senin n Selasa kunjungan ke Satminkal (apa itu Satminkal? Hehehe…), hari Rabu penutupan sekaligus pemberian SK CPNS dan SK penempatan sementara. Gua sih (n para pegawai tidak tetap lainnya) dikembalikan ke habitatnya terdahulu *wink*. Yang deg-degan mungkin yang para pelamar umum, hehehe…

Orientasi tugas ini dimulai dari tanggal 9 Desember minggu lalu, sebenernya. Tapi gua ga sempet-sempet aja mau posting teh. Cape gening nyak *lirik d’gang*. Apalagi waktu itu keburu outbound ke Jatiluhur. Udah deh, makin ga sempet aja. Tapi kalo foto-fotonya sih sud di-upload di FS n FB, hehehe…

Ngemeng-ngemeng, ngapain aja sih, orientasi tugas (OT) teh? Ya kayak orientasi kalo baru masuk SMP, SMA atau kuliah, sih. Pengenalan secara umum tentang ke-PU-an. Jadi PTT selama enam taun ga bikin gua tau banyak tentang PU, hakhakhak… Malu-maluin aja dyeeeh… Kepanjangan dari Satminkal aja, baru gua tau kemaren. Apa coba? Satuan Administrasi Pangkal. Bukan Satuan Min Kali, ternyata *dzigghh*. Arra aja sampe masang tampang heran kayak yang masa-Satminkal-aja-ga-tau, hahaha… Yang gua tau sih, Satminkal tu suka ditulis rendengan sama Eselon I. Jadi, Satminkal gua ya Balitbang. Kepanjangannya apa, gua dulu ga terlalu peduli untuk nyari atau nanya. Dasar.

Nah, OT yang gua ikutin bersama 264 orang lainnya ini, dibagi ke dua kegiatan besar: materi di kelas n outbound. Ya yang di Jatiluhur itu lah. Tau dong, mana yang lebih seru? *wink*. Cuma tiga hari dua malam. Tapi itu kayaknya mengubah semuanya. Lebih banyak kenal sama yang lain. Lebih deket juga. Seru lah. Apalagi materinya lebih banyak ke character building gitu. Dikemas dalam bentuk games. Good for me lah. Jadi lebih tau juga gimana gua sebenernya. Bisa dipake buat introspeksi diri sendiri.

Games-nya ada lima kemaren itu. Paintball, Maze, Radiasi, Gegana n Amazon. Paintball mah udah pada tau kali ya. Itu lho, peperangan pake senjata tea. Apa ya nama senjatanya teh? *gubrags*. Gua mati, dong. Ketembak di somewhere-di-area-rompi-pelindung-gua. Tapi itu ga berasa. Yang berasa banget, pas ketembak di kuping kanan. Peureus booosss… Hehehe… Aku mati, aku mati, hahaha… Tim gua kalah. Lack of strategy and action. Karena strategi yang udah dibahas, ga dijalanin di lapangan. Kacau lah. Banyak yang ngumpul di belakang benteng. Gua sendiri pas ketembak itu pas mau nyebar ke samping. Tapi gua ga merhatiin sekitar. Ngeliatnya ke depan mulu, hehehe… Terus goggle gua longgar. Kumplit lah. Tapi seru kok, seru. Nice, nice…

Maze, adalah permainan otak sebenernya. Dan gua salah satu yang ga lulus di game ini. Malu-maluin ajah! Hahahaha… Gua udah mikir negatif sebelum maen. Wah, maen otak nih. Dan Universe langsung bereaksi. Ya sud, gua gagal terus. Nyoba sampe berapa kali tapi tetep aja nginjek kotak bom :D. Permainannya tuh, gini: area permainan 8x8 kotak gitu ya. Tiap tim punya 15 kotak jalur aman yang harus dicari untuk nyebrang ke sisi lawan. Nyarinya ya dengan coba-coba. Tiap nginjek bom, pemain harus ganti. Nanti kan lama-lama pemain berikutnya tau, mana jalur aman yang bisa dilewatin. Tim gua lebih dulu nemu jalur aman tersebut, sebenernya. Temen-temen gua juga dengan lancar bisa nyebrang. Naha pas giliran gua malah nginjek bom mulu *sigh*. Short memory loss neh, hehehe… Untung begitu waktu 20 menit yang dikasi selesai, tim gua lebih banyak meloloskan orang ke seberang. Ffiiuhh… Tapi gua minta maaph sebesar-besarnya ke tim gua. Hihihi… Kenapa gua jadi pikunan gene seh? ;-)

-bersambung-

Lanjuuut... :D

Game ketiga yang tim gua harus lewati adalah Radiasi. Tim kami dibagi dua. Masing-masing harus masukin tiga buah bola pingpong ke dalam galon yang berisi air. Galon itu ada di tengah area yang dibatasin ma tali gitu. Kayak ring tinju gitu lah. Nah, ga boleh ada yang masuk ke ring itu. Semuanya harus di luar ring. Alat bantu yang ada cuma dua utas tali tambang panjang. Ya itu lah yang dipake buat masukin bola pingpong ke dalam galon. Setelah akhirnya ketiga bola pingpong itu udah masuk ke dalam galon, ada satu bola lagi, lebih besar. Cukup besar untuk nangkring di atas mulut galon. N setelah itu, galon yang berisi air n bola pingpong n bola di mulutnya, harus dibawa keluar ring sampai batas yang udah ditentuin sama panitia. Gitu, lho… :D Berhasilkah kami? Berhasil dooong… Heheheh…

Game selanjutnya, seru juga. Namanya Gegana. Sama kayak di Radiasi, tim kami lagi-lagi dibagi dua sama banyak. Di sini juga ada ring. Jauh lebih kecil dimensinya dari Radiasi, tapi cukup untuk tiga belas orang masuk ke situ. Di tengah ring itu ada bola. Ceritanya, itu teh bom :D. Aturan mainnya, semua orang harus masuk ke ring, lewat bawah. Ga boleh kena tali yang mengelilingi. Juga ga boleh kena si bola a.k.a. bom. Kalo kena, tali atau bola, ulang dari awal! Ugh. Setelah semua masuk, kami harus keluar lagi, lewat atas. Itu juga sama, ga boleh kena tali. Kalo kena, ya ulang lagi dari mulai masuk. Dan itu lah yang terjadi sama tim kecil gua. Ugh.
Tapi kami tetep semangat. Tentunya, hehehe… Dan akhirnya berhasil juga! Not bad lah kerjasamanya ;-).

Yang terakhir, namanya menyeberang Amazon. Gua pikir maen di air. Taunya di rumput-rumput juga :D. Ini lumayan riweuh. Kami harus jalan dengan lebih dulu naro matras kecil yang diumpamakan sebagai pelampung. Matras ini ga boleh lepas. Kalo naro, harus diinjek dulu. Begitu juga kalo mo ninggalin. Harus yakin ada yang udah nginjek tu matras. Di sekeliling lintasan, ada bola-bola kecil sebagai bonus. Tim kami sempat keilangan matras, sehingga harus ulang lagi. Untungnya, tim lawan juga gitu, hahahaha… Sama-sama ngulang deh. Akhirnya, tim gua menang. Menang tipis. Cuma beda satu bola. Karena kami diberi nilai sama. Seri, ceritanya mah. Jadi thanks to that one little ball, hakhakhak… BT judulnya. Beda Tipis. Hihihihi…

Halah. Panjang bener ya, postingannya :D.
Bae ah nya.

Itu siangnya. Sorenya, kami cuma berkegiatan di dalam ruangan. Nonton film Man of Honor. Yang maennya Cuba Gooding Jr. n si ganteng maut Robert De Niro. Great movie, I think. Terus istirahat lagi. Makan malam, n materi lagi. Tentang kelahiran kembali, alias rebirth. Cukup menggugah. Gua lebih suka ini dibanding materi malam sebelumnya. Yaitu? Hehehe… Ya pokoknya, dari 265 orang, yang nangis cuma dikit banget :D. Gua malah ga mau merem pas disuruh “pejamkan mata Anda”. Bukan apa-apa, gua takut ketiduran, bos. Hehehe… Orang begitu lampu dinyalain lagi, gua liat beberapa temen gua matanya merah kayak abis bangun tidur gitu :D. Gagal memenuhi target tuh, kayaknya panitia, hehehe… No offense yak, bos…

Malam terakhir di Jatiluhur, ditutup sama api unggun n (ini yang bikin gua ga sabar) walk on the fire! Uhuy. Api unggun mah default lah ya. Sambutan, kesan, pesan. Terus nyanyi lagu perpisahan deh. Bedanya, biasanya lagunya kan Kemesraan-nya Iwan Fals dkk tuh. Pas api unggun itu, kami nyanyi lagunya Samsons, Kenangan Terindah. Berhubung apalnya pas reff aja, jadi lah pas reff baru kenceng suaranya, hehehe…

N here we go: walk on the fire! *excited*
Sebelumnya, gua udah pernah liat iklannya. Dan waktu itu gua mikir, dibayar berapa juga, gua mah OGAH ngelakuin itu. Tapi pas tau di outbond ada walk on the fire, n katanya semua HARUS ngelakuin itu, entah kenapa, gua malah pengen. Malah ga sabar pengen jalan di atas api. Well, gua mikir logis aja, sih. Pasti ada safety-nya. Sisanya kan cuma masalah keberanian. N mau atau ga melintas di atas api itu.
Tadinya mo duluan jalan di atas api. Tapi gua sibuk nyari penitipan barang :D. Gua bawa jaket, tas, sepatu… Akhirnya gua nemu Arra n doi bersedia jadi tempat penitipan barang, hehehe… Udah deh, langsung ngantri untuk jalan di atas api :D.

Ternyata ya, bos, safety-nya kayak gini: lu masukin kedua kaki lu ke jolang alias ember besar yang berisi air. Oiya, lu kudu nyeker. Nah pas lu masukin kedua kaki lu ke air di jolang itu, kaki lu dari lutut ke bawah juga disiram air sama panitia. Nah pas giliran lu untuk jalan di atas api, dari jolang itu lu nginjek lagi busa alias sponge yang udah basah. Baru deh, jalan di lintasan kerikil berapi itu. Bukan bara lho, ya. Lintasan kerikil, disiram minyak tanah, dikasi api. Tapi setiap beberapa menit sekali, disiram air. Disiram minyak lagi, dikasi api lagi. Gitu aja terus. Di ujung lintasan juga ada jolang isi air n sponge lagi. Aman kan? ;-) Gua aja sampe dua kali jalan di atas api, hehehe… Enak, gila. Berasa dipijet. Anget pula. Tadinya mo sekali lagi. Tapi temen-temen sekamar dah ngajak balik ke kamar. Next time, deh, hihihi…

Besoknya, kami kumpul pagi banget (buat gua :D). Jam enam pagi. Yang bikin gua mandi jam setengah empat subuh. Karena di cottage gua, isinya lima belas cewek, dengan hanya dua kamar mandi. Can you imagine that? Sementara gua ga bisa sebentar kalo mandi :D. Tapi gua bisa, ternyata. Kalo by request n dalam situasi terdesak mah, hehehe… Good, good… Tapi ya itu: mandi jam setengah empat subuh *sigh*.
Hari itu kami berkunjung ke Puslitbangkim di Cileunyi, proyek jalan by pass Karawang, n Aetra PAM di Bekasi. Di Puskim ketemu Nerner, dong. Senangnyaaa… Pengennya mah langsung balik Bandung. Tapi mana boleh ya? Orang di sini teh ngikut rombongan, heuheuheu… Meni asa kumaha, udah deket sama rumah tapi balik lagi ke Jakarta.
Di Karawang, tenda sengaja dipasang untuk menyambut kami. Di tengah proyek jalan yang sedang berjalan. Kapan lagi? Ya ga? *wink* Udah gitu, pengecoran juga (sengaja?) dilakukan siang itu pas kami berkunjung. Padahal biasanya pengecoran dilakukan malam hari. Ya ga seh?
Di Aetra, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok. Another different group of people. Jadinya asik, dapet kenalan baru lagi. Keliling-keliling liat proses di situ secara umum. Ternyata air PAM itu asalnya dari sungai di depannya… :D
Dari Aetra, pulang deh. Beberapa temen ada yang turun di sekitaran Aetra. Tapi gua dan banyak lainnya, tetep turun di Pattimura. Bis gua nyampe paling belakangan *sigh*. Untung Arra n Iman tetep nungguin gua :D. Jadinya, abis magrib, baru kami pulang.

Capeeeeeee…

Tapi, tentunya, buat gua, ga secape kalo pemaparan materi di kelas. Sooooo boring :D.
Untungnya di tiga hari terakhir OT, dua hari di antaranya adalah kunjungan ke Satminkal yang ada di PU. Kami dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok. Beda lagi orang-orangnya. Jadi dapet kenalan baru lagi, hehehe…
Ternyata oh ternyata, kunjungan ke Satminkal ini juga bisa bikin boring. Ah, dasar gua aja kali ya, yang ga betahan kalo duduk di kelas lama-lama :D. Satu-satunya yang ga bikin ngantuk mah, ya di Balitbang. Malu soalnya, kalo ke-gap ngantuk apalagi lagi ngalenyap, hahaha… Jaim ni ye :P. Untung pas kelompok gua ke Balitbang itu, kebagian pagi-pagi. Jadinya masih seger.

Hari terakhir OT, yang seharusnya tinggal penutupan n pembagian SK CPNS n SK penempatan sementara, ternyata masih ada satu materi. Oh no. Aturan acara dimulai jam sepuluh, dimajuin jadi jam setengah delapan :D. Penutupan sendiri dimulai jam sebelasan. Nunggu Pak Sekjen dulu soalnya. Sambutan… Blah blah blah… Akhirnya ditutup secara resmi :D. N lanjut dengan pembagian SK-SK n sertifikat. Finally.

Tapi…

Ada sedih-sedih gimana gitu OT berakhir teh. Back to office meureun nya, heuheuheu…
Ah ya ga juga. Dua mingguan bareng kan cukup bikin kenal sana kenal sini. Ada beberapa temen yang ngeklik. Yang kebersamaan bareng mereka kayaknya bakal bikin kangen. Juga ada beberapa ritual yang bakal bikin kangen. Yang pasti sih, gua bakal kangen sama adik-adik baru gua, heuheuheu… Tapi mereka ditempatin di Pattimura. Jakarta-Bandung mah deket lah. Bisa-bisa aja kalo mo reunian. Halah, reunian, hahaha…

Yah. Selamat bekerja lah, semuanya.
Selamat berjumpa di kesempatan lainnya.

Bekerja keras. Bergerak cepat. Bertindak tepat.
Hehehehe…

1 comment:

TiQi Bo said...

Ah, ternyata lu ga nulis soal hape lu yang sempet ilang, dan lu sempet bikin heboh itu, Des... kecewa gw, kecewa...
So, lu ga bakal ikut ngumpul tanggal 5 ya? padahal gw baru mo nanya ma lu, pake item putih lagi kaga....
Gudlak, Mate... gonna miss the stupidity, though...