Friday, January 25, 2013

#605: #30HariBercerita Hari Ke-19: Diet Kantong Plastik

Apa kontribusi kamu dalam mendukung gera'an what so called go-green whatsoever?
Kalo gua, baru sedikiiit...
Ga buang sampah sembarangan.
Buang sampah pada tempatnya.
*err.. sama aja, yak? :D*
Bawa kantong belanja sendiri -untuk mengurangi penggunaan kantong plastik alias kantong kresek.

Udah, baru itu aja. Heuheu..
Mau bikin lubang resapan biopori. Tapi baru sampe di niat dan cari-cari informasi. Belum dilaksanakan. Semoga segera terlaksana.

Anyway.
Gua punya dua buah kantong belanja, sekarang ini. Awal taun lalu, kalo ga salah, gua beli kantong belanja pertama gua. Warnanya biru belang-belang warna-warni. Belinya di Hero BSM. Bentuknya kayak kantong kresek. Ga bisa diselempang. Bahannya dari semacam parasut gitu, jadi lumayan sedikit tahan air -meski kalo keujanan mah ya kuyup ajah :D. Sejak itu, itu kantong belanja biru selalu gua bawa-bawa di dalam tas blackPuma. Dan sejak itu, kalo belanja, gua selalu bilang ke teteh kasir, "Ga usah pake kantong plastik ya, Teh." :D

Kantong belanja gua yang kedua, adalah kado ulang taun dari @key_mom. Warnanya, semula gua kira shocking pink gitu. Ga taunya warna merah *mendadak buta warna :P. Tapi itu tas udah terlanjur gua kasi nama Shoppink -SHOcking PPINK :D. Jadi yaa.. sud lah ya. Shoppink ini pernah gua bawa-bawa juga, gantian sama si Birubelang *ini nama baru pop-up gitu aja, hihi*. Baru gua pake sekali. Dan waktu itu belanjaan gua cukup berat. Lebar tali si Shoppink ga sebanding sama besar bodinya. Jadi palalaur putus itu talinya. Padahal mah kuat. Ya namanya juga tas belanja ya, pastinya udah dirancang untuk nahan berat sampe berapa kilogram gitu. Tapi guanya aja yang parno. Jadi sekarang Shoppink gua taro di rumah, heuheu.. Padahal kan, bawa aja ya.. Kalo-kalo belanjaan banyak, ga usah minta kresek. Lagian si Shoppink juga ga berat. Entah terbuat dari plastik jenis apa. Baiklah. Gua akan bawa si Shoppink juga di dalam tas :D.

Umm..

Gua biasanya sulit berkomitmen. Tapi untuk buang sampah dan bawa kantong belanja ini, gua boleh lah berbangga hati, hahaha...
Masalah buang sampah, tiap taun gua usahain ada peningkatan. Misalnya, mulai awal 2012 gua janji gua ga akan buang sampah di dalam angkot. Iya, sebelum itu gua kadang-kadang masih buang sampah di dalam angkot. Shame on me, ya >_<. Tapi sejak berjanji itu, gua udah brenti buang sampah di dalam angkot. Ga enak berada di dalam angkot yang kotor. #yamenurutlodes

Nah. Untuk taun 2013 ini apa? Gua janji ga akan buang permen karet bekas *apa pula ini istilahnya XD* sembarangan. Iyaa.. gua masih suka buang permen karet yang udah gua kunyah di mana aja *nutupin muka pake bantal*. Seringnya mah di solokan, hihihi. Tapi sekarang mah janji ga akan gitu lagi ^_^v.
Taun ini juga gua pingin mulai memilah sampah organik dan nonorganik. Gampang sebenernya, tapi kok ya susah banget ngemulainya :/. Semoga bisa terlaksana suatu saat di taun ini.

Itu masalah buang sampah. Untuk soal bawa kantong belanja sendiri pun, gua pinginnya ada peningkatan tiap taun. Tapi apa? Bawa kantong belanja mah kan, ya gitu-gitu aja, bukan? :P

Err...
*nge-blank*

Oiya. *abis liat judul postingan ini*
Diet kantong plastik.
Gua baca istilah ini pertama kali di Griya Buah Batu. Boleh juga istilahnya, pikir gua waktu itu. Waktu itu, gua kayaknya udah punya si Birubelang tapi masih jarang-jarang gua pake -karena masih kebiasaan masuk-masukin aja belanjaan ke si blackPuma. Sejak itu gua jadi semangat pake si Birubelang kalo belanja.

Gua pikir, istilah 'diet kantong plastik' itu bukan suatu gera'an go-green. Ternyata ada gera'annya. Tadi buka website-nya di dietkantongplastik.info :D. And you know what? Kota Bandung punya peraturan daerah tentang diet kantong plastik ini. Gua tadi googling perda itu. Tapi ga nemu. Pingin tau aja isinya kayak apa. Intinya sih, mungkin, ya imbauan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. Keren juga kota gua punya perda kayak gitu :D.

Eh. Ngemeng-ngemeng, kalo gua belanja di Griya Buah Batu, gua suka dikasi piring atau mangkok gitu sama si teteh kasir. Karena gua bawa kantong belanja sendiri :D. Ga selalu, sih. Tapi setaun kemaren, perasaan asa sering dapet piring/mangkok gratis, hihihi...
Itu mungkin kebijakan manajemen Griya/Yogya dalam mendukung diet plastik itu, ya. Cool.

Diet kantong plastik gua berjalan sukses. Diet untuk ngurangin berat badan? Ngg...
*kemudian udahan nulisnya*

No comments: