Sunday, February 10, 2013

#615: #30HariBercerita Hari Ke-28: Instagram dan Snail Mail

Tau Instagram, ga? Tau, kan? Tau, dong? Tau lah, ya... --sedikit agak maksa gini, yak? X))
Ya itu lah.. aplikasi social media juga, dengan media foto. Aplikasi ini awalnya cuma buat pengguna iOS. Tapi kemudian pengguna android juga bisa pake dan menikmatinya. Jadi ga begitu "eksklusif" lagi, hihihi...

Pas lagi booming-booming-nya, foto-foto yang diedit dan di-share via Instagram itu berasa cakep-cakep banget. Keren-keren keliatannya --padahal cuma foto stop kontak, misalnya. Thanks to some instant filters in that application, I guess. Etapi, Instagramers juga banyak sih, yang ngambil foto dengan objek dan sudut yang oke --meski ga sedikit juga yang "gitu-gitu aja". Bener kata seseorang dulu *gua lupa siapa dan di mana gua baca/denger :D*: semua tampak keren kalo di Instagram. Hehehe...

Gua sendiri baru jadi Instagramer setelah punya Ginny. Sebelumnya mah cuma takjub dan kadang sinis juga kalo liat Instagram orang lain. Sinis tanda tak mampu? hahaha...
Instagram ini termasuk aplikasi-aplikasi pertama yang gua install di Ginny. Aplikasi baru buat gua. Bikin akun di situ, tapi ga langsung share foto. Malah nyari akun Instagram temen-temen dan orang-orang lain yang gua tau atau follow di twitter. Teuteub yaaa.. twitter XD. Sebagian gua follow, lainnya ada yang cuma gua liat-liat fotonya. Kenapa ga gua follow semua? Karena Instagram ini juga punya kayak semacam timeline kalo di twitter mah. Kalo semua gua follow, recet ga penting nanti timeline Instagram gua. Males.

Ketika akhirnya gua pingin nge-share foto pertama gua di Instagram, gua kepikiran... what kind of photos I want to share? Apa "tema" timeline Instagram gua? Dan gua memutuskan: kartupos, perangko, cap pos, #postcrossing, dan hal-hal yang berkaitan dengan itu semua. Post-office and related things. Termasuk travelling things :D. Meski ada juga beberapa foto yang ga bertema itu.

Emang sih, kadang-kadang ga nahan juga untuk ga ng-share segala hal via Instagram. Tetesan air ujan lah, meja kerja gua yang berantakan lah, ponakan lagi tidur lah, dan lain-lain, dan lain-lain >_<. Mungkin karena filter-filter instan yang dimiliki Instagram itu yang bikin gua gatel untuk ngambil foto dan ngedit di Instagram. Dan itulah akhirnya yang gua lakukan: ambil foto, edit di Instagram.. ..dan ga di-share :D. Di-share-nya di tempat lain --twitter atau blog, misalnya. Instagram jadi tempat ngedit fotonya aja, hahaha...

Anyway.
Karena gua sudah memutuskan kalo tema timeline Instagram gua tuh travelling, pos dan hal-hal yang berkaitan dengan itu, jadilah Instagram gua isinya kebanyakan foto kartupos dan perangko. Caption yang gua kasi jarang panjang-panjang. Dan sesedikit mungkin pake hashtag. Seperlunya aja. Yang paling sering gua pake, ya #stamp, #postcard, #postcrossing. Ga banyak menjaring 'like' sih, tapi emang bukan itu tujuan gua. Jadi, ya woles aja.

Dari hashtag yang gua pake, atau Instagramer yang gua tau, gua suka semacam menelusuri hashtag dan Instagramer lain. Yang berkaitan dengan tema Instagram gua, atau ya yang gua suka, tentunya. Dan jadilah gua tau kalo postcrosser juga banyak yang Instagramer. Dan mereka suka nyari yang berminat direct swap kartupos via Instagram. Menarik! :D

Dari penelusuran yang kait-mengait itu, gua nemu hashtag #snailmail. Dan ini juga menarik!
Eh. Tau istilah snail mail, kan? Well. Snail mail itu, ya pos konvensional. Karena sifatnya yang lama sampe, pos konvensional disamain sama siput. Lambat. Muncullah istilah snail mail. Dan di zaman yang serbacepat ini, masih banyak yang setia dan nge-fan dengan layanan snail mail ini. Dan beberapa hal emang cuma bisa dikirim lewat layanan snail mail, kan? Ngirim barang, misalnya. Ga bisa lewat e-mail, toh? :D

Ada Instagramer yang pake nama @snailmailgirl. Dan dia ini beneran suka berkorespondensi via snail mail. Foto-foto yang dia share tu bagus dan lucu-lucu. Kebanyakan sih, foto-foto yang berkaitan dengan kegiatan surat-menyurat dia. Kertas surat *aih udah lama banget gua ga pake istilah ini :))*, pena yang dia pake untuk nulis, perangko, stiker-stiker yang bikin suratnya meriah, surat-surat yang dia terima, stationary, dan semacamnya. Dan dia ini pinter juga nyari sudut yang oke saat ngambil gambar. Bikin foto-fotonya jadi keren. Dan bikin orang yang liat jadi pingin dikirimin surat olehnya. Beneran. Banyak yang minta ke dia untuk jadi penpal. Sahabat pena *aih ini istilah jadul dan romantis banget yak, kerasanya :D*. Tapi karena sekarang ini penpal dia udah banyak, dia ga bisa nerima penpal lagi.

Gua sempet pingin juga jadi penpal @snailmailgirl. Dia niat banget kalo nulis dan ngirim surat ke para penpal-nya. I guess the receivers are beyond happy when they receive the @snailmailgirl's letters. I can feel a bit of love and passion there. Tapi gua sadar diri. Meski gua suka banget juga sama snail mail things ini, gua nyadar kalo gua ga konsisten. Dan gua suka susah nyengajain nyari waktu untuk nulis --projek nulis ini dan postcrossing, misalnya :P. Ketambahan pula dia udah sibuk dengan penpal yang sekarang. Jadi we gua ga jadi nanya dia, "Would you like to be my penpal?"

Nevermind.
Gua nemu juga Instgramer lain yang demen tukeran kartupos. Nah kalo tukeran atau direct swap kartupos mah, gua masih sanggup lah :D. Gua liat ada yang punya kartupos zodiak gitu, dan dia masih punya yang Sagitarius. Dan dia bakal ngirimin itu Sag postcard ke gua. Yay! :))
Terus ada yang punya perangko lucu-lucu. Gua minta juga swap postcard sama dia. Dan dia mengiyakan. Hihiy! :))
Gua udah ngemail alamat gua ke mereka. Tinggal nunggu kartuposnya nyampe. Tinggal nunggu mereka ngemailin alamat mereka juga, jadi gua bisa bales kartupos mereka :).

Hm.

Lintas social media, eh?
I like it!

1 comment:

ronal said...

saya juga br kecanduan instagram mba :D