Friday, May 27, 2005

#2: Halaman Satu

Tadi siang temen gw nanyain alamat blog gw di blogger ini. Begitu dia buka, ternyata cuma ada satu post. Halaman Perkenalan. Hehehe.... Malu juga gw. Soalnya di post yang satu itu gw bilang kalo gw bakalan "rajin" nulis. Tapi ternyata eh ternyata... I'm still the same daisy... no action talk only alias nato... Hahahaha...

Bukannya mo merendahkan diri sendiri, tapi yang namanya daisy itu ya begitu.. suka nato, meski ngga sering... Kenapa begitu, gw juga ga tau. Atau ga mau tau? :p Kayaknya sih ga mau tau. Tapi makin "tua", gw makin menyadari hal itu. Tanda2 bahwa gw semakin dewasa? Hmm.... Tapi tetep aja gw ga (mau) tau kenapa gw tuh bisa nato begitu. Berarti belum dewasa? Hmm....

Let's see... Gw lagi baca buku kecilnya Andrias Harefa yang judulnya "Mengasah Paradigma Pembelajar". Belum selesai sih bacanya, tapi gw udah sampe ke bagian perspektif pembelajaran menurut si penulis. Menurutnya, antara lain, pembelajaran bergerak di antara empat matra dan melalui tiga tahap, yaitu pencerahan, pembelajaran dan pembiasaan. Pada tahap pencerahan, kita bergerak dari matra ketidaksadaran atas ketidakmampuan diri ke matra kesadaran atas ketidakmampuan diri. Pada tahap kedua, kita bergerak dari matra kesadaran atas ketidakmampuan diri menuju kesadaran atas kemampuan diri. Dan pada tahap ketiga, kita bergerak dari matra kesadaran atas kemampuan diri menuju ketidaksadaran atas kemampuan diri -menurut penulisnya, inilah tahap profesional sejati.

Dari uraian di atas, jelas lah kalo gw baru masuk tahap pertama, tahap pencerahan. Gw baru sadar atas kekurangan diri gw -dalam hal ini: nato itu tadi- tapi belum bergerak ke tahap pembelajaran. Ya kan? Kenapa? Waah... bisa berbagai alasan gw kemukakan di sini. Gw kan jago ngeles, kayak bajaj kata Abang mah :p hehehe... Tapi yang pasti, gw selalu ngerasa kalo gw terbiasa cuek dan akhirnya jadi terlalu cuek dengan apa yang terjadi dengan diri dan lingkungan sekitar gw. Kalo mau dirunut ke belakang, bakalan muter2 ceritanya dan pasti ga ada juntrungannya. Dan bikin yang baca tulisan ini bilang, "What the hell are you talking about??" Hehehe...

Well... tulisan ini sendiri pun kayak ga ada juntrungannya ya... Tadinya cuma mau mengklarifikasi blog gw yang cuma berisi satu halaman, eehh... malah ke mana-mana.. Ya kan? Oke deh kalo begitu... Gw klarifikasi aja ya, ternyata gw belum bisa rajin nulis di blog gw ini. Itu aja sebenernya mah. Titik.

Semoga ke depannya gw bakalan rajin nge-post-in tulisan gw di sini. Mari kita berdoa bersama. Amiin.... :)

No comments: