Monday, July 11, 2005

#21: Akhir Minggu Kemarin

Bokap
Gw jadi balik ke Jakarta (baca: Pondok Pucung). Bokap gw keliatannya sih, ga kenapa-napa, ga kayak yang lagi sakit. Gw tanya, “Kenapa?” juga, jawabannya, “Biasaa…” sambil nyengir gitu. Kata nyokap sih, bokap sakit diabetes. Jadi harus diatur lagi makannya. Makanan yang ga ada rasanya itu… Nya wayahna we nya, Pak! Biar cepet sembuh. Pas gw balik ke Bandung juga bokap udah segar lagi. Semoga bokap baik-baik aja.

*********

Dinda
Sabtu kemaren, hampir seharian gw nggendong Dinda, ponakan gw yang baru dua taun dan ga mau diem itu. Hasilnya: sekarang tangan kiri gw pegel banged!! Tapi asyik ngasuh dia, meski memang capek. Anaknya lucu banget. Apalagi kalo udah ngeceblek wae. Gw pusing nerjemahin bahasanya. “Wade, liat itan…”“Itannya anyak tuuh…” Ikan, maksudnya. Ikannya banyak. Hahaha… Wade-nya pusing nih, Ka…

Gw memang minta dipanggil ‘Wade’. Singkatan dari Wa Desi. Dan gw sekarang manggil bocah itu ‘Kaka Dinda’, soalnya dia udah punya adik. Namanya Nasywa. “De Awa…,” kata Dinda mah. Tau ga? Jumat malem kemaren tu ya, pipi Nasywa digigit sama Dinda! ^geleng-geleng kepala^ Dinda geregetan ‘kali ya, liat adeknya. Hehehe…

*********

Atung
Bi Neneng, tante gw, dan keluarganya –minus Inu, anaknya yang cowok– dateng ke rumah pas malam minggu kemaren. Pas masih ada Dinda, lagi. Dia manggil om gw ‘Atung’, kependekan dari Mbah Kakung. Wah, jadi tambah rame deh, rumah gw… Oiya, Bi Neneng bawa tongseng :p hmm… yummy… dan cakue juga odading. Hmm…

Terus cerita tentang film UnguViolet. Sedih, katanya. Untung gw ga jadi nonton tu film di bioskop. Yang ada, tar gw nangis mulu, lagi. Bagus, katanya. Bagus tapi sedih… Mending nonton di rumah aja, lah…

*********

Coach Carter
Gw nontong Coach Carter di DVD. Seru banget tu film! Ceritanya tentang basket di high school, gitu. Ceritanya terpisah aja, nanti.

*********

Melamin
Gw baca di KOMPAS mengenai bahaya yang mungkin tersimpan dalam alat-alat rumah tangga yang terbuat dari melamin. Tau kan? Tau ‘kali, ya… Ternyata barang melamin itu bisa mengeluarkan racun, yaitu dari salah satu bahan pembentuknya: monomer formalin.

Ternyata melamin itu merupakan polimer dari monomer fenol dan formalin. Kalo dalam bentuk polimernya memang ga berbahaya. Tapi polimer tersebut rentan terhadap sinar ultraviolet dan panas, juga abrasi atau gesekan. Karena hal tersebut dapat membuat si polimer ga stabil dan memunculkan si monomer kembali. Dalam halnya melamin, si monomer formalin itulah yang bikin bahaya. Formalin ini, katanya, dalam jangka panjang bisa merusak bahkan mematikan sel dan dapat menyebabkan kanker.

Memang udah ada barang melamin yang mencantumkan stiker ‘aman’. Tapi ga ada salahnya kita sendiri berhati-hati dalam menggunakan barang melamin ini. Antara lain dengan tidak menggunakan melamin sebagai tempat penyajian masakan yang panas, misalnya mie instan. Juga jangan mencuci barang melamin dengan serabut yang kasar karena dapat menimbulkan abrasi. Sebaiknya cuci dengan menggunakan spon yang lembut. Dan jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan atau dilap menggunakan lap yang lembut.

Untuk lebih lengkapnya, baca KOMPAS Minggu tanggal 10 Juli 2005.

*********

Rossi
Tadi subuh nonton MotoGP. Minggu ini berlangsung di sirkuit Laguna Seca, AS. Rossi finish ketiga. Juaranya Hayden, keduanya Edwards. Agak kecewa, sih… Tapi Rossi-nya aja masih bisa cengar-cengir, ngapain juga gw mesti kecewa? :p Yang penting Rossi masih naik podium. Dan tetap memimpin klasemen sementara :D

*********

No comments: