Wednesday, January 23, 2013

#603: #30HariBercerita Hari Ke-17: Berkabung Selesai

*deep sigh*

Gua ga mengira bakal bercerita hal yang menyedihkan di projek #30HariBercerita gua. Karena pada dasarnya gua ga suka cerita yang sedih-sedih. Gua sukanya cerita yang ceria riang gembira. To share the positive vibes to the Universe. Tapi gua tau, di dunia juga ada yang sedih-sedih terjadi. Dan salah satunya adalah yang belum lama ini terjadi sama gua.

Om gua wafat hari Minggu kemaren. Empat hari setelah beliau berulang taun yang ke-59.
Innalillaahi wa inna ilaihi roji'uun...

*diem*

Gua berkabung, tentu. Air mata kayaknya turun mulu, meski ga terus-terusan. Mata sembap. Physically and mentally tired. Ga tau kenapa sampe segitunya.
Well. Tau lah, sebenernya. Gua cuma ga mau berbagi di sini.

Sampe hari Selasa kemaren, gua masih kayak yang berkabung. Gua menarik diri dari lingkaran terdekat gua, meski kalo ngobrol kayak biasa aja. Ketawa ya ikut ketawa. Tapi rasanya gua ga sepenuhnya di situ. Maybe I've been bad for doing that. Pingin rasanya minta maaf...

Selasa malam gua ikutan tausiyah-an terakhir di rumah almarhum om gua. Gua ga terlalu ngikutin tausiyah-nya. Tapi gua liat keluarga om gua (tante, sepupu+istri) udah mulai membiasakan diri dengan ketiadaan om gua. Sedih, gua yakin mereka masih banget. Tapi seperti yang disampein di tausiyah pertama, kesedihannya ga boleh berlarut-larut, mereka berusaha untuk itu.
Selesai tausiyah terakhir, gua ngobrol-ngobrol sama ponakan tante gua. Tentang firasat-firasat yang baru disadari setelah om ga ada. Tentang om itu sendiri. Tentang keyakinan orang-orang kalo om gua itu orang soleh dan karenanya sekarang beliau udah tenang di alam kubur. Semoga. Amin. We'll never know, right? Gua cuma bisa doain om gua diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT. Amin.

Obrolan itu menyadarkan gua. Bahwa bukan cuma gua yang berkabung. Yang merasa kehilangan. Bahwa mengikhlaskan om gua adalah keharusan. Demi hidup yang harus tetap berjalan. Bahwa memang sudah waktunya om gua kembali pada-Nya. Bahwa what-if apa pun ga akan mengubah kenyataan. Karena ya itu tadi.. sudah waktunya om gua kembali pada-Nya.

Mengikhlaskan.
Baiklah.

Dan masa berkabung gua selesai.
Life must go on, kata status BBM sepupu gua.
Indeed.

Selamat jalan, MangJeh..

No comments: