Wednesday, March 19, 2014

#649: 3/365 #maneajempok Lari

2 bulan, 2 minggu, 3 hari kemudian...

Hahahaha...

Ah. masih belom jadi kebiasaan, ternyata, nulis 1 postingan sehari teh. *mau tepok jidat tapi males*

Kali ini, yang bikin gua pengen nulis di mari adalah postingan salah satu runner... mmm... oke, oke... pelari. Lanjut. Postingan salah satu pelari di FB Indo Runners. Ini link-nya: Running, journey over the years.

Wedun isinya :O.

Jadi kepikiran. Napa gua ga bikin gitu juga, ya? :D

Dia aktif lari dari taun 2006. Wuih. Taun ini masuk taun ke-8! *keprok*
Gua? :D
Gua lari dari gua TK. Sejauh yang bisa gua inget. Gua inget pernah ngajak temen laki balap lari. Dan gua pake sepatu kelinci. Tau sepatu kelinci, kan? Sepatu tali, bahannya kanvas warnanya putih. Ga tau mereknya apa, tapi asana mah disebutnya teh sepatu kelinci. Mungkin itu sepatu lari pertama gua :D. Oh. Dan gua menang, dong, lawan si temen laki itu, hihihi...


Jaman gua SD juga, gua seneng banget yang namanya lari. Gua ga ngeh, sebenernya. Sampe suatu hari, temen SD gua komen di ig gua. Dari SD juga udah juara lari, gitu cenah. Gua cuma nyengir pas baca komennya. Tapi kemudian nginget-nginget. Iya kah? Well... Maen boy-boyan, ucing-ucingan, bebentengan (favorit!), kasti, basket, galah asin... ada lari di dalam permainan yang sering gua maenin waktu jaman SD. Yah. Gua seneng lari. Dan kalo waktu pelajaran olahraga ada tes-tes lari gitu, gua suka ga mau kalah! Hahahaha... Rasanya, gua harus selalu menang lawan temen-temen cewek gua. Kalo bisa, lawan temen cowok pun harus menang :)).

Jaman SMP? Hihihi...
Tanpa ragu, gua bisa bilang: suka bangeeeeet lari-larian! :))
Yang paling gua inget, pas kelas 3, gua suka balapan lari sama Fajar, KM kelas 3G. Balapan lari ke depan kantor TU. Jadi ya, di SMP gua itu, kalo ada pengumuman, KM-nya yang dipanggil ke depan kantor TU. Panggilannya: bunyi bel. Entah gimana awalnya, pokoknya, selama kelas 3 itu, gua suka balapan lari sama Fajar. Kadang gua yang menang, kadang dia yang menang. Banyakan dia yang menang, rasanya. Soalnya kelas dia sedikit lebih deket ke depan TU :D. Tapi, lari gua cepet juga waktu itu. Asana mah, ahahaha... KM-KM kelas lain suka bengong kalo liat gua dan Fajar ngos-ngosan sampe depan TU, hihihi...

Aaah... those good old days... *daydreaming*

Jaman gua STM juga gitu. Gua sering maen basket sama temen-temen sekelas. Sejak kelas 2, kami punya bola basket sendiri. Jadi ga perlu minjem ke guru olahraga kalo mau maen basket. Dan setiap ada pelajaran kosong (naon ateuh pelajaran kosong, wkwkwkk..), kami pasti ke lapangan basket. Ganti-gantian maen basket. Lagi-lagi lari, toh? :D
Etapi, kalo ada tes lari, gua emang ga kuat lari terus-terusan, sih. Tapi, gua lari :D.

Jaman kuliah, brenti lari-larian. Ganti dengan: hiking --yang udah dimulai juga pas jaman STM, sih. Gunung, gunung, gunung... I love mountains! Sampe sekarang.

Jaman kerja? Aktif lari lagi itu... sekitar taun 2011'an. Sebelum-sebelumnya, udah pernah juga niat lari bareng Mba n Mee. Pas akhirnya kami ke Sabuga untuk lari sore, eh... kesorean, hahaha... Baru pemanasan dikit-dikit, terus foto-foto bentar, terus mau mulai lari... dihalo-halo kalo trek larinya udah mau ditutup, huahahaha... Yah. Yang penting niat :)).

*jeda makan siang* *halah* XD

Setelah gagal lari sore itu -yang berakhir dengan makan baso tahu di depan Mesjid Salman :))-, udah deh.. ga lari-lari lagi. Sampe suatu saat, entah kapan dan entah kenapa, gua merasa gua pengen dan harus lari. Oh. Mungkin gara-garanya si roomie. Waktu itu gua lagi ikutan program diet a la Denny Santoso. Atur makan, cardio and weight work out. The best shape I've ever got. And it felt so good! Trus cerita-cerita, cerita-cerita sama roomie. Dia bilang kalo dia mah olahraganya lari aja. Paling sama push up setelahnya. Gua langsung.. "Lu lari di mana?" "Sabuga," katanya. Gua jadi keinget lagi sama peristiwa lari sore yang gagal itu. #kemudianseuri :))

*edit to add: STOP PRESS! #naon
Ini ternyata gua nulis awalnya lelarian lagi di sini. Silaken.

Saat itu, hari Sabtu-nya, gua nyoba ke Sabuga. Nyoba lari. Entah dapet berapa keliling. Sejak itu, mulai rutin lari di Sabuga, meski cuma sekali seminggu. Waktu itu masih yang bener-bener #justrun. Ga mikir sepatu, outfit lari kayak gimana. I just ran. And it made me happy. --yah, gua mah emang bisaan happy dengan apa yang gua punya *ciyeh* :))

Sampe suatu saat, gua nyadar kalo sepatu gua udah sobek di ujungnya. And roomie went, "Lu kan udah mulai rutin lari, beli lah sepatu lari yang proper." Waktu itu, kepentok sama duitnya, wakakakk... Tapi gua pikir, iya juga, sih. Oke deh, mari kita cari diskonan \(^^)/. Dan, dapet! Reebok DMX Ride. Pas belinya juga pake konsul ke roomie via bbm, hahaha.. I really thanked him for that :D. Sepatu lari baru, semangat lari mayan nambah. Malu juga kalo pas lagi males lari, dipelong ku si Milano --yep, I named them Milano, karena warnanya yang item-merah, kayak warna kebesaran AC Milan :D.

Itu taun 2011'an, kayaknya. Karena yang gua inget, Milano gua pake waktu gua ke Melbourne. Tapi sayangnya, waktu itu gua belum yang sampe bela2in lari tiap gua dines :D. Tapi ya pas liat ada orang sono lari malem di sekitaran Flinders street *kalo ga salah*, gua yang "waah dia lari.." ...pengen ikutan lari juga. Sayangnya, sekadar pengen :D.

Sampe pertengahan 2013, masih lari-lari di trek lari Sabuga aja. Belom ikut lomba-lomba lari gitu. Padahal dari awal 2013, rasanya udah banyak acara-acara lari gitu. Emang banyaknya di Jakarta, sih. Sampe waktu Juni 2013. Ada acara lomba lari HALOfit Run di Bandung. 5K dan 10K. Wah. Gua bilang, gua mah kayaknya ga akan ikut-ikutan lomba dulu. 5K? Macam mana itu lari sejauh 5K? Ngebayanginnya aja bikin ngos-ngosan, hahaha. Tapi, pas gua liat iklannya ngajeblag di koran PR, gua asa-asa tergelitik. Ikutan, ah. Hihihi. Gua foto iklannya, gua tweet, gua mention roomie dan Najib: ikutan ini, yuk! :D Eh mereka nyautin: hayu! Jadilah gua dan roomie daftar. Yang 5K. Najib telat daftar --maklum, sibuk :P.


HALOfit Run bareng roomie
That was my first running race. And it was good!
Lari bareng-bareng itu ternyata menyenangkan! Meski pas udah finish gua sempet lenglengan, wkwkwkk... emosi sih, finish-nya :P. Tapi ga apa. Gua finish! Ga sampe 5K, ternyata. Cuma 4K lebih dikit. Agak kecewa juga, karena gua kan pengen tau, could I run 5K? Tapi ga apa. Gua tau gua bisa lari sejauh 5K :D. Setelah ikutan HALOfit Run, gua jadi semacam ketagihan ikutan acara lomba lari. Gua ikutan Mandiri Run, AJHR, Adidas KOTR, Samsung S4 Series #3, ITB fun run, OZ Color Me BDG... semuanya 5K. Dan Nike BajakJKT. Di situ gua naek kelas ke 10K. Whoa! Pas finish gua cirambay dikit, masa, hahahaha... :')

Sejak ikutan lomba, ngikutin FB Indo Runners, lari gua ga #justrun lagi --gua akui.
Gua mulai beli kaos yang enakeun buat lari. Padahal dulu tiap lari di Sabuga pake kaos band, oke-oke aja --meski kaos jadi basah banget karena keringet. Gua juga beli celana lari yang selutut. Padahal dulu kalo lari di Sabuga pake celana pendek, nyaman-nyaman aja. Gua jadi lebih suka lari di jalanan. Udah lama banget ini, ga lari di Sabuga. Gua jadi nambah frekuensi lari gua. Sekarang, minimal 3K sekali lari, seringnya sih, 5K --berdasarkan aplikasi Endomondo dan Nike+ Run. Gua juga jadi suka pernak-pernik yang berkaitan dengan perlarian. Kaos kaki pun, gua beli yang buat lari. Padahal dulu, any sport socks would do :D.

Yah. Gimana, dong. Gua suka lebay kalo udah suka sesuatu #ahlesyan XD.
Tapi, setidaknya, kesukaan lelarian gua ini masih bertahan sampe sekarang.
Yaelah, des, Belom juga setaun.
Justru itu, kan? Gua dan konsistensi itu ga berteman baik. Hahaha... Bahkan untuk hal yang gua sukai pun, gua masih aja ga bisa konsisten. Postcrossing dan swap-bot, contohnya *ouch*.

Gua berharap lelarian ini bertahan sampe gua ga bisa lari lagi. Gua pengen lelarian ini jadi hal pertama yang bikin gua konsisten sama sesuatu. Gua harap lelarian ini bisa lebih banyak mengubah hidup gua. Lebay? Mungkin. Tapi iya loh, lelarian ini udah ngasi perubahan positip di hidup gua. Sekarang gua lebih bisa bangun pagi, ahahahaha ..deuh XD. Yakan gua ini morning runner. Gua lebih suka lari pagi daripada lari sore atau malem.
Aneh emang. Gua selalu meng-klaim: am not a morning person. Tapi: am a morning runner. Hihihi. #mamanehdes

Di taun ini, gua pengen ikutan lomba lari lebih banyak lagi.
Gua udah ikutan Tahura Trail Run di bulan Januari kemaren.
Gua udah daftar untuk ikutan Capital Market Run, Pocari Sweat Run dan Jakarta Marathon. 10K semuanya! :D
Gua bahkan udah daftar untuk Bromo Marathon di bulan September. Dan naek kelas ke HM. Huwow banget! Macam apa itu lari 21K? :O
Tapi tenang... gua latian, kok. Iya lah! Gila aja ikutan HM ga latian mah! XD

Hhhh...
Apa lagi, ya?

Hayu ah, #marilari !
*ujug-ujug ng-blank*

Desi's out.


Where's me?
AJHR 2013 --medalinya bagus! :D


Adidas KOTR 2013 -5K and no medal
One of the chosen ones to participate the #BajakJKT training ^^


Berhasil ngeracunin Mba untuk ikutan lari. Yeay!




No comments: